Rekomendasi Donasi Online yang Aman

Daftar isi [Tampil]

Donasi merupakan kegiatan menyumbang yang dilakukan baik oleh individu ataupun kelompok tertentu. Donasi yang dapat diberikan juga tergantung dari sesuatu yang dimiliki oleh masing-masing donatur. Sesuatu yang bisa disumbangkan oleh donatur mulai dari tenaga, uang, barang, kebutuhan dasar, mainan, dan berbagai hal lainnya tergantung dari kebutuhan si penerima donasi. Memberikan donasi kepada orang lain yang membutuhkan merupakan hal baik yang bisa dilakukan untuk membantu sesama. Saat ini banyak cara untuk menyalurkan donasi. Salah satunya dengan melakukan donasi online yang memberikan banyak keuntungan seperti lebih cepat, hemat tenaga, hemat waktu, dan bisa membantu lebih banyak orang karena dari situs donasi online tersedia info tentang banyak donasi yang tersedia.

Donasi online


Memilih Tempat Donasi Online yang Aman

Layaknya seorang Ibu yang memastikan anaknya hidup sejahtera, seorang donatur pastinya juga ada keinginan agar donasinya benar-benar bisa sampai ke tangan yang tepat. Pastikan ketika memilih tempat untuk melakukan donasi secara online, perhatikan juga keamanannya. Oleh karena itu, penting sekali untuk memilih tempat untuk donasi online yang aman. Beberapa cara untuk memilih tempat untuk donasi online yang aman, yaitu:

1. Perhatikan Domain

Pertama adalah memilih domain yang sudah jelas dan juga populer sebagai tempat untuk melakukan donasi. Salah satu contoh domain situs donasi online yang kredibel adalah .org karena merujuk kepada suatu organisasi baik nirlaba maupun bukan.

2. Perhatikan Rekening Tujuan Donasi

Selanjutnya perhatikan rekening tujuan donasi. Lebih baik hindari rekening tujuan atas nama perorangan. Cari situs donasi online dengan rekening tujuan atas nama dari aplikasi atau situs yang mengadakan donasi karena lebih aman dan lebih valid kredibilitasnya.

3. Follow Up Penyaluran Donasi

Selanjutnya juga perhatikan mengenai cerita lanjutan setelah donasi terkumpul. Hal ini agar lebih aman dan setelah donasi diterima. Jangan sampai tidak ada kabar atau menghilang tanpa laporan.

Wahana visi Indonesia
Salah satu tujuan situs donasi online Wahana Visi Indonesia (sumber: wahanavisi.org)

Pastikan Siapa Tujuan Donasi

Selain memilih tempat donasi yang aman, penting juga untuk memperhatikan tujuan kita berdonasi. Biasanya seseorang mempunyai fokus sendiri mengenai donasi yang ingin dilakukan. Miisalnya saja bagi punya concern berdonasi untuk kepentingan anak-anak bisa memilih Wahana Visi Indonesia. Organisasi ini memberikan donasi dan hadiah bagi anak di Indonesia sehingga mendapatkan masa depan yang lebih baik. Contoh donasi yang dibuka dan bisa memberikan bantuannya yaitu:

1. Rumah Aman

Donasi ini digunakan untuk Safe House atau Rumah Aman bagi korban kekerasan anak dan perempuan. Rumah aman ini digunakan sebagai alternatif tempat tinggal korban kekerasan selama pendampingan.

2. Bantuan Tenaga Surya

Beberapa dusun yang berada di Landak, Kalimantan Barat masih harus menggunakan genset, lampu minyak atau lilin. Anak-anak di sana jadi tidak maksimal saat belajar di malam hari. Oleh karena itu, dibuka donasi untuk bantuan tenaga surya agar anak-anak bisa mendapatkan penerangan yang layak untuk belajar.

3. Penampungan air hujan di Asmat

Salah satu tantangan yang ditemukan di Kota Agats, Asmat, Papua adalah ketersediaan air bersih untuk kegiatan sehari-hari yang masih langka. Tujuan donasi ini agar warga Asmat, khususnya anak-anak bisa hidup lebih sehat dengan air bersih.

Beberapa jenis donasi tersebut merupakan open donasi yang tersedia di situs donasi online Wahana Visi Indonesia. Selain donasi, kita juga bisa memilih untuk jadi sponsor bagi anak-anak. Hal ini bertujuan untuk memberikan pendampingan agar mereka bisa menerima pendidikan yang layak, pengentasan masalah gizi, mendapatkan akses air bersih, dan lainnya. Yuk, segera donasi dan menjadi sponsor anak untuk menciptakan masa depan anak Indonesia yang lebih baik lewat Wahana Visi Indonesia.


Share:

22 komentar:

  1. Naaaah skr ini memang harus hati2 bangettt utk nyalurkan donasi ataupun sedekah ya mba. Udh banyak berita kalo ternyata organisasi yg menggalang dana, hanya kedok dan dananya buat tujuan terorisme. Makanya aku Bener2 cek ricek dulu sebelum memutuskan transfer donasi ke siapa. Paling males kalo websitenya pake dot com atau ke perseorangan. Atau kalo aku denger ada berita jelek ttg organisasi tsb, aku juga LGS mundur. Mending yg lain deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu kak, karena zaman sekarang memang serba abu2. bukannya suudzon yah, tapi banyak kejadian tipu2. Jadi penting banget untuk memastikan rekening donasi itu ngga abal2 dan harus atas nama yayasan sih menurutku, itu pun blm menjamin yaah.

      Hapus
  2. Ini nih yang kadang masih simpang siur ya, terkadang dana-dana donasi tersebut bisa sampai ke tujuan tergantung tiap pribadi yang mengurusnya. Duuuh, jangan sampai kita makan uang yang bukan hak kita ya. Ngeriii.

    BalasHapus
  3. Betul-betul harus teliti ya...memilih donasi online. Takutnya disalahgunakan. Terimakasih infonya

    BalasHapus
  4. Iyaa benar banget, sekarang kan banyak link donasi online, kita harus benar-benar tahu validitasnya supaya benar-benar tersalurkan kepada yang membutuhkan.

    BalasHapus
  5. Setuju kudu ati-ati kalau mau nyumbang online. Idenya bagus dan perlu, sayang dirusak sama oknum ya.

    BalasHapus
  6. saya sering banget dapet ajakan donasi di whatsapp, saya sampe dapet broadcast nya secara rutin dong, gak tahu orang2 itu dapet no wa saya dari mana. saya tetep memilih badan donasi yang jelas kredibel, gak peduli seberapa rajin pun orang2 nge-message saya, biarin deh, biar donasi saya gak salah sasaran... mantep bun tipsnya

    BalasHapus
  7. makasih infonya, kita memang harus hati2

    BalasHapus
  8. Betul sekali nih Mbak. Saking banyaknya platform ataupun lembaga donasi online, kita kadang kesulitan memastikan ya yang mana yang kredibel dan yang mana yang tidak. Penting untuk memastikan bahwa lembaga penyalur memang amanah, sehingga uang donasi pun tidak salah sasaran.

    BalasHapus
  9. Setuju. Kudu beneran waspada jangan sampai donasi kita disalahgunakan. Sekarang aksi penipuan itu bermacam-macam jalannya ya

    BalasHapus
  10. memang harus teliti banget saat ingin berdonasi agar tersalurkan dengan benar ya mba

    BalasHapus
  11. Saya tahunya kitabisa itu.

    Memang harus hati-hati seringkali saya terganggu kalau kita donasi tapi dihubungi balik secara konstan untuk dimintai sumbangan. Bukan apa-apanya, jadi merasa tak nyaman.

    BalasHapus
  12. Ngeri banget sekarang banyak aksi donasi online yang abal-abal. Harus jeli memastikan bahwa limk donasi onlinenya amanah dan aman. Jadi niat baik kita juga bisa tersalurkan tepat sasaran.

    BalasHapus
  13. baru saja kemarin dapat kejadian salah satu adik dari rekan qodarulloh harus dioperasi dan butuh dana besar, lalu tetiba ada akun bodong yang buka donasi, alhamdulillah sudah diklarifikasi kalau itu bukan akun dari keluarga

    BalasHapus
  14. Wahana Visi ini lembaga yang sudah berdiri lama dan terpercaya. Kegiatan sosialnya juga tersebar di mana-mana.

    BalasHapus
  15. Setuju saya tiap mau donasi online ngecek dulu gimana website dan latar belakang foundationnya, kalo terpercaya baru berani nyumbang. Insha Allah sampai ke tangan yang membutuhkan..

    BalasHapus
  16. Nah benar sekali, sekarang itu donasi online itu abu-abu banget, salah-salah menyumbang malah tak tersalurkan dengan baik, pdhal niat kita udah tulus banget buat bantu meringankan

    BalasHapus
  17. Pas banget nih artikelnya ... Iya nih harus hati-hati banget ya kak buat donasi ini salah-salah bisa zonk Kita ya kalau disalaahgunakan

    BalasHapus
  18. Benar juga ya, kita harus bisa memastikan keterbukaan informasi dari platform donasi online itu. Dikelola untuk apa saja dan disalurkan kemana harus jelas.

    BalasHapus
  19. Harus hati-hati banget ya cek ricek kejelasan semuanha karena banyak yang disalahgunakan

    BalasHapus
  20. Benar-benar harus cek dulu ya sebelum memutuskan berdonasi. Karena jaman sekarang, uang seperti sebuah center dan banyak yg tergoda melakukan yg tidak baik

    BalasHapus
  21. Jadi tambahan info untuk berdonasi, terimakasih

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi

Anggita R. K. Wardani

read more

Recent Posts


Posts

Pengikut

Member of

Mama Daring Bloggerhub Indonesian Hijab Blogger Komunitas Emak Blogger Komunitas Blogger Perempuan 1 Minggu 1 Cerita Asli Arek Suroboyo