Keseruan BloggerDay 2022, Getarannya Terasa Sampai Surabaya

Daftar isi [Tampil]

"Wah, heboh banget! BloggerDay 2022 Seru puol iki, rek!"

Itulah kesan pertama saya ketika memasuki zoom acara BloggerDay 2022 yang diadakan oleh Komunitas Bloggercrony Indonesia atau biasa juga disebut BCC (Bloggercrony Community) pada 27 Februari 2022. Tahun ini acara BloggerDay 2022 digelar secara hybrid, serta disiarkan langsung dari Aston Priority Simatupang Hotel, Jakarta.

Komunitas Bloggercrony Indonesia

Saat masuk ke zoom, sudah ada founder komunitas Bloggercrony, Wardah Fajri atau biasa dipanggil Mbak Wawa, sedang menjelaskan tentang acara BloggerDay 2022 yang bertabur hadiah serta materi yang bermanfaat. Ternyata saya agak telat sedikit karena sebenarnya sudah ada Mas Satto Raji, co-founder Komunitas Bloggercrony Indonesia yang juga suami dari Mbak Wawa, menjelaskan terlebih dahulu tentang program Komunitas Bloggercrony Indonesia di sepanjang tahun 2022.


Pembukaan Heboh Blogger Day 2022, Langsung Jatuh Cinta dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia

Saya termasuk orang dengan kepribadian ambivert yang bisa jadi sosok pendiam atau ramai tergantung situasi dan kondisi. Termasuk ketika berada dalam suatu komunitas. Biasanya saya lebih sering diam ketika berada di komunitas blogger karena rata-rata orangnya serius. Jadi, tidak mungkin saya heboh sendiri di tengah-tengah orang yang lebih suka diam. Namun, pembukaan dari Mbak Wawa sudah memantik jiwa heboh yang sudah lama tidur dalam diri saya.

"Selamat datang di Bloggerday 2022, Kakak! Di acara ini hadiahnya banyak banget, lo, Kak! Selain itu juga ada webinar dengan pemateri yang keren! Jadi, stay tune terus di acara kami, ya, Kak!"

Sambutan Wardah Fajri
Sambutan hangat Wardah Fajri kepasa peserta BloggerDay 2022 (sumber: tangkapan layar zoom)

Begitulah kira-kira sambutan selamat datang yang ramah, seru, dan heboh dari Mbak Wawa. Rasanya seperti tertarik masuk dalam nuansa seru Blogger Day 2022 meskipun dilakukan secara daring dan saya hanya sebagai peserta umum saja. Luar biasa, getaran serunya sampai ke Surabaya. Salut buat kesan ramah dan kekeluargaan yang ditawarkan Komunitas Bloggercrony Indonesia!

Komunitas Bloggercrony Indonesia
Keseruan nonton acara BloggerDay 2022 lewat zoom smartphone

Meskipun hanya sebagi peserta umum yang tidak punya hak untuk mendapat hujan hadiah yang diberikan BCC kepada 100 peserta pilihan, saya sudah senang bisa diberi kesempatan khusus bagi 100 peserta umum terpilih untuk ikut merasakan keseruan BloggerDay 2022. Bahkan, saya langsung jatuh cinta pada pertemuan pertama ketika Mbak Wawa mengatakan bahwa keberadaan Komunitas Bloggercrony Indonesia untuk saling dukung di antara para blogger, baik blogger senior maupun blogger pemula agar bisa maju bersama.

Buat blogger yang sudah sukses, yuk dibantu para blogger baru. Kita support mereka agar bisa sukses juga." (Wardah Fajri, Founder BCC)

Rasanya senang sekali ketika ada komunitas dengan support system begitu erat antar sesama anggota. Tak mudah menemukan komunitas yang sesuai dengan kepribadian dan langsung nyaman di pertemuan pertama. Saya harap bisa segera bergabung dengan BCC agar punya teman diskusi yang hangat dalam dunia blogging.


Serunya BloggerDay 2022 Sebagai Selebrasi #7thBloggercrony

Acara BloggerDay merupakan acara wajib tahunan BCC dengan peserta 100 blogger terpilih dari seluruh Indonesia. Biasanya acara ini  mengangkat berbagai isu terkini yang dikemas dalam talk show bersama pemateri untuk meningkatkan kemampuan blogger. Mengambil tema #ScaleUpYourSkill, BloggerDay 2022 kali ini sekaligus jadi selebrasi hari jadi #7thBloggercronny, sebuah jejak rasa setelah 7 tahun menebar manfaat kepada sesama blogger. Tujuh tahun bukan waktu yang sedikit untuk suatu komunitas bisa berkembang sampai sedemikian rupa seperti Komunitas Bloggercrony Indonesia. Tentunya butuh konsistensi, sumber daya manusia yang hebat, serta loyalitas anggota untuk mendukung perkembangan suatu komunitas.

Tahun ini juga sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena panitia memberikan kejutan bagi blogger yang belum terpilih seperti saya dengan menambah 100 kuota peserta sebagai peserta umum. Jadilah blogger remahan rengginang seperti saya bisa turut serta merasakan kemeriahan BloggerDay 2022.


Kenalan dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia 2022

Menginjak 7 tahun berdiri sejak 24 Februari 2015, ternyata Komunitas Bloggercrony Indonesia atau lebih mudah disebut BCC (Bloggercrony Community) sudah terdaftar di Kemenkumham sejak 2018. Artinya BCC adalah komunitas berbadan hukum yang sudah punya legalitas. Selain itu, BCC juga punya tagline, "blogging, networking, dan empowering!". Sayang beribu sayang, Komunitas Bloggercrony Indonesia ini berbasis di Jakarta, jauh sekali dari Surabaya. Pasti seru sekali kalau bisa kopdar atau menimba ilmu langsung bersama mereka.

Struktur kepengurusan Komunitas Bloggercrony Indonesia

Komunitas Bloggercrony Indonesia atau Bloggercrony Community (BCC) memiliki struktur kepengurusan yang secara garis besar terbagi jadi Founder, Co-Founders, dan BCN Squad (Pengurus Inti Bloggercrony). Founder dari BCC adalah Wardah Fajri, sedangkan Co-Founders dari BCC adalah Satto Raji yang saat ini menjabat sebagai ketua BCC dan Annesa Nisa sebagai sekretaris sekaligus bendahara.

BloggerDay 2022
Struktur kepengurusan BCC (sumber: tangkapan layar zoom)

Pengurus inti di BCC atau disebut juga sebagai BCN Squad berjumlah 7 orang, yaitu Yayat, Fawaz Ibrahim, Risalah Husna, Akbar Muhibar, Uniyani, Wiwid Wadmira, dan Bowo Susilo. Semuanya punya peran serta tugas masing-masing di dalam struktur kepengurusan BCC.

Program Komunitas Bloggercrony Indonesia

Setelah pemaparan tentang struktur kepengurusan, Mbak Wawa menjelaskan tentang program utama yang ada di BCC, seperti:

1. Blogger Care

Prinsip berbagi, baik secara ilmu maupun materi dipegang erat oleh BCC. Buktinya ada program bernama Blogger Care sebagai sarana untuk berdonasi dan menyalurkan donasi dari blogger kepada blogger yang membutuhkan. Anggota BCC dapat berdonasi atau merekomendasikan anggota lain yang mungkin butuh donasi. Tak banyak komunitas blogger yang memegang prinsip seperti ini. Super salut dengan program Blogger Care dari BCC.

BloggerDay 2022
Program BCC (sumber: tangkapan layar zoom)

2. Blogger Hangout

Blogging tentunya membutuhkan networking agar bisa glowing sebagai blogger karena glowing bukan hanya untuk wajah saja. Kemampuan blogging juga bisa jadi glowing kalau diasah terus-menerus secara berkualitas. Nah, Blogger Hangout adalah program dari BCC untuk mewadahi para blogger dalam meningkatkan soft skill di dunia blogging dengan mengundang narasumber, serta dilakukan secara luring. Akan tetapi, program ini terpaksa vakum saat pandemi, sedangkan dananya dialihkan untuk program Bloggerpreneur.

3. Bloggerpreneur

Bagi para anggota yang punya usaha, BCC ternyata juga memberikan bantuan agar usaha para anggota bisa bertahan. Bantuan yang diberikan oleh BCC ada 2 macam:

  • bantuan modal yang diambil dari alokasi dana Blogger Hangout yang masih vakum,
  • bantuan berupa promosi gratis pada acara BCC seperti BloggerDay dengan memberikan kesempatan untuk jadi sponsor.

4. Blogger View

Program bernama Blogger View ini semacam bentuk promosi berbayar atau barter produk antara BCC dengan pihak ketiga. Biasanya pihak ketiga ingin acara atau produknya dipromosikan oleh anggota BCC yang terpilih. Sebagai gantinya anggota BCC yang terpilih tentu saja akan mendapatkan bayaran atau produk.


Bertabur Banyak Hadiah dan Kejutan

Baru saja masuk di sesi pembukaan, sudah ada banyak hadiah yang diberikan oleh Komunitas Bloggercrony Indonesia secara cuma-cuma kepada 100 peserta terpilih sebagai selebrasi virtual 7th Komunitas Bloggercrony Indonesia. Hadiah yang diberikan kepada 100 peserta terpilih dilakukan secara unik seperti lucky draw, hadiah untuk 10 pendaftar tercepat BloggerDay, kuis Kahoot, dan masih banyak lagi. Mbak Wawa dan Febria Silaen selaku pembawa acara mampu membawa suasana jadi lebih hidup saat acara pembagian hadiah. Rasanya seperti ikut arisan ibu-ibu yang anggotanya heboh semua.

BloggerDay 2022
Souvenir dari Cera Production (sumber: instagram @ceraproduction)

Selain itu, Cera Production sebagai sponsor utama acara BloggerDay 2022 memberikan souvenir kepada 100 peserta terpilih yang dikirim langsung ke alamat masing-masing peserta terpilih dan kaos BCC Squad. Cera Production sendiri merupakan perusahaan di bidang layanan produk untuk kantor dan instansi yang memproduksi semacam souvenir kantor atau seminar kit kantor. Selain itu, Cera Production juga memproduksi premium gift set, seragam kerja, dan kebutuhan cetak. Saat ini, Cera Production sudah ada di 13 kota besar di Indonesia, termasuk Surabaya.

Sponsor lain yang juga berpartisipasi dalam BloggerDay 2022 adalah Hotel Aston Simatupang yang digunakan sebagai basecamp acara, Mangrove Jakarta, IdCloudHost, Katalensaku Photoworks, Alagyoza, Digiefood Indonesia, Nyipede Souvenir, dan Laluna Kitchen. Pantas saja acaranya bertabur hadiah, sponsornya keren-keren semua.


Performa Musik Blogger Voice

Performa musik secara live lewat zoom rasanya sudah biasa. Bagaimana kalau performa musik dilakukan dari dua tempat berbeda, tapi disatukan secara daring lewat zoom, pasti unik dan seru banget, kan? Seperti itulah hiburan berupa performa musik pada acara BloggerDay 2022. Mbak Melly dan Mas Uwa, anggota BCC yang juga disebut Blogger Voice, membawakan sebuah lagu berjudul "History" dari One Direction secara langsung dari dua tempat yang berbeda. Suara mereka juga enjoyable di telinga dan sinkronisasinya bagus meskipun dari dua tempat berbeda. Kalo boleh diibaratkan seperti Mas Anang dan Mbak KD di masa emasnya.

BloggerDay
Performa musik Blogger Voice (sumber: tangkapan layar zoom)

Saya pribadi belum pernah mendengar lagu "History" ini. Saat mendengar Mbak Melly dan Mas Uwa menyanyi, arti liriknya sangat dalam ternyata, terutama di bagian ini:

You and me got a whole lot of history (oh)
We could be the greatest team that the world has ever seen
You and me got a whole lot of history (oh)
So don't let it go, we can make some more, we can live forever

Potongan lirik tersebut cocok untuk menggambarkan perjalanan BCC beserta kiprahnya selama 7 tahun. The greatest team with greatest impact, saya rasa cukup untuk menggambarkan peran serta BCC di dunia blogging, networking, dan empowering. Jadi merinding sekali saat membayangkan perjuangan, serta jatuh bangunnya Komunitas Bloggercrony Indonesia selama 7 tahun ini.


Webinar BloggerDay 2022

Setelah rangkaian acara pembukaan yang seru luar biasa, dilanjutkan dengan ishoma dulu sebelum masuk ke rangkaian webinar. Seperti tema utama yang diusung Bloggerday 2022, #ScaleUpYourSkill, webinar tahun ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, serta kemampuan untuk menjawab tantangan blogger di masa depan. Ada 3 webinar dalam BloggerDay 2022, yaitu: "Dunia Digital: Metaverse dan Kejahatan Berbahasa",  "Blogging: Organik VS Monetisasi", dan "Bisa yuk! Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu".


1. Dunia Digital: Metaverse dan Kejahatan Berbahasa

Di suatu kota pada tahun 2022, muncul suatu game online baru yang penggunanya harus memakai semacam helm bernama Nerve Gear. Helm tersebut bisa menstimulasi otak, sehingga sensasi dunia virtual bisa dirasakan secara nyata tanpa harus bergerak. Hal ini tentu saja membuat banyak remaja hingga dewasa kecanduan game tersebut. Bahkan, banyak yang memilih untuk terus berada di dalam game selama hampir 24 jam.

Webinar tentang Metaverse dan Kejahatan Berbahasa

Namun, hal mengerikan terjadi ketika para pemain game tersebut tiba-tiba tak bisa keluar dari game atau melepas helm tersebut. Sang developer game kemudian mengumumkan peraturan aneh bahwa semua pemain game tak bisa keluar sebelum menyelesaikan game. Kalau mereka meninggal di dalam game, mereka juga akan meninggal di dunia nyata.

Cerita di atas adalah spoiler anime tahun 2012 berjudul Sword Art Online atau biasa disingkat SAO. Anime tersebut tiba-tiba muncul dalam pikiran ketika mendengarkan pembahasan tentang metaverse beserta dampak buruknya lewat webinar BloggerDay 2022. Ajaibnya, anime tersebut berlatar belakang masa depan pada tahun 2022, tepat di masa sekarang dimana metaverse juga sudah merambah ke dunia game online.

Pada webinar sesi pertama, Anwari Natari (editor dan dosen Bahasa Indonesia) membahas tentang kejahatan berbahasa di dunia metaverse serta media sosial, sedangkan Tuhu Nugraha (digital business consultant & trainer) lebih membahas tentang mitigasi resiko dan kecanduan dalam dunia metaverse. Di dunia metaverse, nantinya tiap orang tak perlu datang ke suatu tempat. Cukup masuk ke dunia metaverse, orang di seluruh dunia bisa saling tatap muka tanpa harus berpindah tempat. Interaksinya juga terasa nyata, sama seperti ilustrai dalam anime SAO.

Story telling adalah kendaraan paling ampuh dari kepala untuk sampai ke pembaca." (Matahari Timoer)

Akan tetapi, dampak buruk berupa kejahatan berbahasa serta kecanduan bisa mengintai tiap orang. Di dunia metaverse, siapa pun bisa jadi apa yang mereka suka. Sama halnya dengan komentar hater dari akun fake yang sekarang banyak terjadi di media sosial. Orang yang cenderung akan berbuat jahat di dunia metaverse bisa dilihat dari bahasanya kasar atau tidak, serta perilakunya. Oleh karena itu sangat penting bagi blogger dengan kekuatan story telling, bisa menghadirkan mitigasi resiko dalam metaverse agar orang lain juga bisa waspada.


2. Blogging: Organik VS Monetisasi

Dimulai dari cerita Matahari Timoer (blogger dan content creator) tentang perjuangan blogging pada tahun 1991. Laki-laki yang akrab disapa Mas MT ini harus rela menempuh jauhnya jarak dari rumahnya di Anyer ke Cilegon untuk menulis di blog lewat warnet. Saat itu belum tren istilah monetisasi. Baginya, menulis adalah salah satu cara menjaga kewarasan dengan menumpahkan keresahannya lewat tulisan. Mas MT pernah berada di jalur monetisasi blog, tapi beliau kemudian mundur karena beberapa alasan seperti  pembayaran lama, tidak ada excited dalam menulis karena hanya salin tempel dari brief, dan ingin mendalami blogging sebagai hobi.

Webinar Blogging Organik VS Monetisasi

Sedikit berbeda jalur blogging, Joe Candra (blogger dan CEO of Seven Creative) memilih jalur monetisasi blog untuk mendapatkan penghasilan yang signifikan. Beberapa monetisasi yang pernah dilakukan Mas Joe adalah Google Adsense, affiliator, dan blog placement. Dari jalur tersebut, Mas Joe pernah merasakan asyiknya dapat klien asing, jalan-jalan gratis, hingga terkenal sampai saat ini. Omong-omong, sebelum acara ini aku sudah tahu mas Joe gara-gara ikut lomba blog Mas Nodi, blogger yang sering menyabet juara saat lomba blog digelar.

Kalau saya pribadi masih berada di jalur campuran antara organik dan monetisasi. Saya suka membuat konten organik berdasarkan pengalaman, tapi tak menampik juga butuh cuan. Mungkin terkait kepribadian ambivert, sehingga apa yang saya pilih selalu abu-abu. Kalau kamu tim organik atau tim monetisasi, nih? Atau ikutan jadi tim abu-abu seperti saya?


3. Bisa yuk! Gali Potensi Jadi Pribadi Terbaikmu

Webinar terakhir dengan narasumber Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I.,S.Psi., M.A (praktisi psikologi pendidikan, founder alfalah.ed & sayanganak.id) yang menjelaskan tentang cara menggali potensi diri untuk tingkatkan skill, sesuai tema BloggerDay 2022 #ScaleUpYourSkill. Pertama-tama, peserta diajak untuk mengenali beda bakat dan minat. Bakat dapat dilatih, tapi sangat sulit untuk membangun minat.

Talent can take you so far, but hardwork can take you anywhere."(Hiruma dalam Eyeshield 21)

Sebuah quotes yang paling berkesan selama hidupku sekaligus bisa memberikan gambaran tentang minat dan bakat. Seberapa besar suatu bakat, kalau tidak ada minat yang menyertainya, hanya akan jalan di tempat saja. Perlu kerja keras untuk menumbuhkan minat yang bisa menunjang bakat agar skill bisa meningkat.

Webinar Menggali Potensi Diri

Selain penjelasan dasar tentang minat dan bakat, dijelaskan pula tentang fixed mindset dan growth mindset. Sebagai seorang blogger, tentunya harus punya growth mindset agar selalu bisa melihat suatu masalah sebagai tantangan, terutama ketika menghasilkan sebuah tulisan.


Apresiasi untuk Komunitas Bloggercrony Indonesia

Terima kasih, selamat, dan sukses atas acara BloggerDay 2022 sebagai selebrasi #7thBloggercrony. Tujuh tahun bukan waktu yang singkat untuk membangun sebuah komunitas dari nol hingga sebesar sekarang. Tentunya banyak peluh, lelah, dan air mata yang mengiringi perjalanan 7 tahun itu. Jejak rasa yang semakin menggelora dalam kurun waktu 7 tahun. Tetap jadi komunitas yang sederhana, bermanfaat, bersahaja, hangat, dan ramah layaknya rumah bagi para blogger yang tak punya rumah untuk bernaung.

Sekali lagi, terima kasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya untuk turut merasakan keseruan acara BloggerDay 2022. Terima kasih juga untuk panitia yang sudah berjuang untuk mewujudkan acada ini. Seru, heboh, asyik!!! Saya tidak akan pernah lupa akan sensasi keseruan itu!

Share:

16 komentar:

  1. Wah seru ya kak acaranya, saya malah belum gabung sama blogger crony. Mudah2an pandemi segera pergi biar kita bisa kumpul kumpul lagi ya kak di event2 blogger secara offline

    BalasHapus
  2. wuiih, baru tau saya ada acara ginian, ketinggalan info, seru kali ini pasti bisa nambah relasi sesama blogger

    BalasHapus
  3. Weeee pengen juga gabung blogger crony! gimana caranya ya Kak. asik bisa ketemu dan ngobrol bareng blogger lain huhu.

    BalasHapus
  4. Sayang sekali telat mendaftar untuk ikut bloggerday tahun ini dengan bloggercrony. Seru sekali rangkaian acaranya. Semoga tahun depan bisa ikut berpartisipasi

    BalasHapus
  5. Wah, seru banget acaranya ya kak. Aku yg baca tulisan ini aja jadi berasa lagi ada di suasana yg sama. Hehe

    BalasHapus
  6. Selamat yaa mbaa. Aku jg ikutan happy meskipun hanya jadi peserta undangan hahaha. Tp seru banget emang ga kalah samaa acara bloggerdays tahun laluuu.

    BalasHapus
  7. Aku baru tau sama komunitas Bloggercrony dan bahkan udah berbadan hukum. Otewe nyari instagramnya hehe

    BalasHapus
  8. waa asik ya mba bisa gbaung, kemarin itu saya telat daftar belum rezeki, tapi tetap seneng bisa baca keseruan bloggerday BCC di blog anggi:)

    BalasHapus
  9. MasyaAllah.Mbk, seru banget acaranya ya. BTW, di Lampung ada komunitas ini juga ndak ya? hehe

    BalasHapus
  10. Halo arek Surabaya... Salam kenal dari Bogor ya. Alhamdulillah akupun mengikuti keseruan selebrasi itu kemarin. Beneran menggetarkan yah..

    BalasHapus
  11. Wah seru acaranya,jadi oengen ikutan... Semoga next bisa ikutan gabung acaranya .

    BalasHapus
  12. Seru banget eventnya mba, semoga kedepannya akan ada lagi event bloggerday yg makin keren dan oke banget

    BalasHapus
  13. saya juga pingin ikut lebih banyak komunitas lagi, gimana ya kak biar bisa masuk komunitas bloggercrony, btw acaranya kayaknya seru banget...

    BalasHapus
  14. Wah seru bat acaranya..
    jadi pengen ikutan, selain buat nambah, tapi juga buat nambah ilmu.

    BalasHapus
  15. Wah menyenangkan sekali kakk sepertinya yaa acaranya 😍 Makasih karena telah dikenalkan dengan komunitas Bloggercrony kak, semoga sukses selaluu

    BalasHapus
  16. Saya sebagai blogger baru sangat antusias. Sayangnya sudah terlewat ya. Makasih admin.

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi

Anggita R. K. Wardani

read more

Recent Posts


Posts

Pengikut

Member of

Mama Daring Bloggerhub Indonesian Hijab Blogger Komunitas Emak Blogger Komunitas Blogger Perempuan 1 Minggu 1 Cerita Asli Arek Suroboyo