Wardah Beauty Moves You "The Experience", Ajak Wanita Indonesia Bergerak untuk Perubahan

Assalamu'alaikum, Surabaya!

Sebagai wanita Indonesia, dulu aku pernah berpikir bahwa aku ini tidak cantik. Kadang pernah berpikir juga, "aku kok gak secantik dia ya? Apalah aku yang punya kulit sawo matang, agak berisi, hmmmm, syedih deh..."

Hal itu terjadi karena stigma cantik di Indonesia kebanyakan masih terbatas di "wanita cantik adalah wanita yang putih, tinggi, dan langsing". Padahal definisi cantik itu sebenarnya sangat luas sekali, seperti kampanye #BeautyMovesYou yang digaungkan oleh Wardah sebagai brand kecantikan. Melalui kampanye tersebut, Wardah ajak wanita Indonesia untuk mengenali aspek "nilai cantik" selain fisik seperti nilai progresif, modern, dan bermanfaat bagi sesama ataupun lingkungan sekitar.

Brave beauties, begitulah sebutan yang disematkan oleh Wardah kepada para wanita yang berani menemukan sendiri nilai cantiknya serta bergerak untuk membawa kebermanfaatan bagi sekitarnya. Wardah juga adakan rangkaian acara Beauty Moves You "The Experience" pada tanggal 30-31 Oktober 2021 lalu, sebagai peluncuran kampanye #BeautyMovesYou dengan berbagai bintang tamu hebat penggerak perubahan dalam bidang lingkungan, pendidikan, kesehatan, dan gaya hidup halal.

Halaman depan acara virtual 3D Wardah Beauty Moves You "The Experience"

Acara tersebut dilakukan secara virtual 3D yang bisa diakses lewat smartphone atau laptop. Pengunjung bisa jalan-jalan virtual melihat live stage, beauty space, beauty technology, innovation centre, crystal capsule, dan crystal secret games. Rasanya seru sekali karena rasanya jadi seperti datang ke tempat asli. Apalagi jika menggunakan smartphone android, bisa mengaktifkan fitur google VR, sehingga bisa sambil jalan-jalan juga, jadi makin seruuu deh.

Fasilitas Google VR yang bisa digunakan selama acara

Selama 2 hari mengikuti acara dari wardah, aku pribadi dapat insight yang powerfull banget tentang bagaimana seorang wanita itu bisa jadi brave beauties yang bermanfaat bagi sekitar. Nah, gimana sih keseruan acara Wardah Beauty Moves You "The Experience"? Berikut rangkuman acara yang aku pilih untuk ikuti secara virtual selama 2 hari.


Hari Pertama Wardah Beauty Moves You "The Experience"


Pada hari Sabtu, 30 Oktober 2021 pukul 10.45, acara dibuka dengan sambutan dari Amalia Sarah Santi, Chief Marketing Officer dari PT. Paragon Technology and Innovation. Beliau menyampaikan komitmen Wardah untuk terus tumbuh, berinovasi, dan menyebar kebermanfaatan bagi wanita Indonesia. Sejak awal Wardah memang ada untuk menginspirasi wanita Indonesia agar terus berekspresi, bergerak dan memberi dampak positif bagi lingkungan sekitar. Wardah berharap lewat kampanye #BeautyMovesYou, wanita Indonesia bisa jadi individu yang progresif dan penggerak perubahan di sekitarnya.



Beauty Moves : The Changes for Environment

Isu lingkungan saat ini sedang jadi sorotan seluruh dunia. Bagaimana tidak, suhu bumi terus naik hingga hampir melampaui batas aman akibat pemanasan global. Dampak yang paling mengerikan adalah ketika es di kutub mencair dan menenggelamkan sebagian daratan. Saat ini bumi sudah tak butuh slogan tanpa makna, tapi butuh aksi nyata. Berangkat dari isu tersebut, Wardah menghadirkan tiga orang brave beauties yang peka dengan isu lingkungan. Dipandu oleh Shafira Umm, ketiga orang tersebut adalah Maurilla Imron (Founder Zerowaste Indonesia), Cynthia Lestari (Founder LyfewithLess), dan Dewi Sandra (Brand Ambassador Wardah).
Para pembicara di hari 1

Dimulai dari Maurilla Imron yang mencurahkan keprihatinannya terhadap gejala perubahan iklim yang sudah dirasakan di beberapa daerah tertentu seperti keanekaragaman hayati yang mulai hilang, banyak orang yang kehilangan tempat tinggal karena bencana alam, dan lain-lain. Maurilla bersama Zerowaste Indonesia pun memberikan edukasi berbasis daring tentang gaya hidup peduli lingkungan dan berkelanjutan.

Senada dengan Maurilla, Cynthia Lestari juga memberikan edukasi daring kepada masyarakat tentang bijak berkonsumsi. Melalui LyfewithLess, Cynthia ajak masyarakat jadi konsumen yang sadar, peka, dan bertanggung jawab terhadap apa yang kita beli, terutama sampah yang dihasilkan dari perilaku konsumen. Selain itu, Cynthia juga gaungkan kampanye dengan Wardah "Pakai Sampai Habis", yaitu kampanye agar konsumen terbiasa menghabiskan apa yang sudah dia beli sebelum membeli yang baru. Misalkan saat membeli  skincare Wardah, lalu tiba-tiba keluar produk baru lagi, dan ingin membelinya. Maka, sabar dulu sambil habiskan dulu produk sebelumnya, baru setelah habis bisa beli produk baru Wardah.

Dewi Sandra, Brand Ambassador Wardah
Sedikit berbeda dengan dua brave beauties tersebut, Dewi Sandra hadir sebagai wakil Wardah untuk menunjukkan bahwa Wardah sebagai produk halal tentunya juga sangat memikirkan mulai dari proses produksi, hingga sampah produksi agar tak merusak lingkungan. Bahkan, Wardah kini punya mesin daur ulang sendiri. Salah satu hasilnya adalah meja dari sampah produksi bedak Wardah. Wow! Jadi makin cinta sama produk Wardah.

Sesi pertama ini jadi penyemangatku untuk hidup lebih ramah lingkungan, tak lelah meraih mimpi, menginspirasi, dan memberikan manfaat bagi sekitar meskipun aku seorang wanita sekaligus ibu rumah tangga. 

Peluncuran Produk Baru Wardah : Crystal Secret

Selain talkshow, di acara Wardah Beauty Moves You "The Experience" juga ada peluncuran rangkaian produk baru wardah yang bernama Crystal Secret. Peluncuran Wardah Crystal Secret dihadiri oleh Tiara Putri (Head of Wardah Face Care), Tatjana Saphira (Brand Ambassador Wardah), dr. Sari Chaerunnisa (R&D Director of PT Paragon Technology and Innovation), dan Ivy Batuta sebagai MC. Selain itu ada juga pemaparan dari Fabrice Guillemard (Global Skin Expert).


Produk ini merupakan transformasi dari Wardah White Secret menjadi Crystal Secret dengan bahan aktif dari ekstrak bunga yang terkenal dengan lambang keabadiannya, yaitu Edelweiss dan alpha arbutin murni. Wardah sendiri punya perkebunan Edelweiss di Pegunungan Alpen Swiss, dimana air dan udara di sini kemurniannya tinggi.  Fungsi ekstrak Edelweiss dan alpha arbutin adalah untuk mencerahkan wajah, terutama wajah wanita Indonesia yang sering mengalami pigmentasi.

Performa Musik : Yura Yunita

Menjelang sore hari, rangkaian Wardah Beauty Moves You "The Experience" hari ini ditutup dengan pertunjukan dari Yura Yunita. Mojang Bandung itu membawakan 4 lagu yang berjudul Holalaa, Bandung, Tutur Batin, dan Mulai langkahmu.Diiringi dengan musik akustik, Yura Yunita sukses menyanyikan keempat lagu tersebut dengan penampilan yang memukau. Salah satu lagu yang membuatku terkesan adalah lagu yang berjudul "Tutur Batin".


Lagu ini menceritakan pengalaman seseorang yang selalu menuntut dirinya untuk sempurna. Yura Yunita juga mengatakan bahwa keinginan untuk meraih kesempurnaan itu tak kan ada habisnya kalau kita belum menerima apa yang sudah kita punya. Hampir senada dan seirama dengan kampanye Wardah yang selalu mengingatkan bahwa cantiknya wanita itu tak melulu harus fisik yang cantik sempurna paripurna. Kita harus menerima kecantikan yang kita punya, barulah kita bisa menebar manfaat lebih sempurna untuk sekitar. Musiknya pun melankolis sekali, cocok untuk dibawakan jelang senja. 

Hari Kedua Wardah Beauty Moves You "The Experience"


Hari kedua rangkaian acara Wardah Beauty Moves (31/10/2021) dibuka oleh sambutan dari Menteri Mendikbudristek RI, Nadiem Makarim. Beliau menyebutkan bahwa sudah banyak peran serta wanita dalam pemerintahan Indonesia. Bahkan dalam salah satu surat R. A. Kartini disebutkan bahwa pendidikan pertama seorang anak manusia ada di tangan wanita. Oleh karena itu, wanita tentunya juga bisa jadi penggerak perubahan, terutama di bidang pendidikan.


Beauty Moves : The Future of education


Sesi pertama di hari kedua, diawali dengan tema pendidikan. Dimoderatori oleh dr. Nadhira Afifa yang juga Brand Ambassador Wardah, sesi ini juga dihadiri oleh banyak orang super keren. Sebut saja Salman Subakat (CEO PT Paragon Inovation ), Randy Jusuf (Managing Director Google Indonesia), Najwa Shihab (Founder of Narasi), dan Putri Tanjung (Chief of Creative Experience Office by CT CORP). Rasanya langsung berapi-api kalau membahas dunia pendidikan karena aku juga pernah bekerja di dunia pendidikan, apalagi sekarang pekerjaan utamaku adalah mendidik anak.

Pembicara hari kedua
Talkshow dimulai dengan pemaparan Salman Subakat tentang motivasi Wardah dalam memberikan dukungan terhadap pendidikan Indonesia melalui program CSR perusahaan. Pak Salman menekankan bahwa pendidikan adalah core atau inti setiap individu agar mampu berkembang. Pendidikan dalam keluarga juga tak kalah penting. Oleh karena itu, beberapa program Wardah seperti Inspiring Teacher dan Inspiring Lecturer sudah melahirkan 7000 guru yang masih terus bergerak dan memberikan manfaat bagi sesama hingga sekarang.

Selanjutnya, Randy Jusuf menjelaskan beberapa program google terkait pendidikan di Indonesia seperti "Mengajar dari Mana Saja" untuk memberikan literasi digital kepada orang tua, "Woman Founder dan Bangkit" untuk memberdayakan wanita di bidang teknologi. Pak Randy juga berharap wanita Indonesia punya kesempatan yang sama dengan laki-laki terkait kemampuan teknologi dan berani bergerak untuk membawa perubahan, seperti kampanye Wardah.


Selaras dengan kedua pembicara tersebut, Najwa Shihab juga sepakat bahwa pendidikan itu penting. Apalagi pendidikan untuk wanita, jauh tak kalah penting karena wanita cerdas akan melahirkan generasi yang cerdas. Aku pribadi sangat menyukai pemikiran-pemikiran Mbak Nana (panggilan akrab Najwa Shihab) tentang wanita dan pendidikan. Masalah terbesar pendidikan di Indonesia adalah kesenjangan finansial dan intelektual. Beliau menyampaikan bahwa untuk memajukan pendidikan di Indonesia, tak melulu harus bergantung kepada pemerintah, tapi bisa juga dengan kolaborasi antar lembaga agar kesenjangan tersebut dapat diperkecil.

Putri Tanjung juga merasakan hal yang sama terhadap pendidikan di Indonesia. Menurutnya ada tiga hal penting pilar pendidikan, yaitu pendidikan formal, pendidikan non-formal, dan pendidikan keluarga. Aku pribadi menggaris bawahi pendidikan keluarga. Kembali lagi ke pernyataan Pak Salman dan Mbak Nana bahwa pendidikan keluarga itu juga punya peran penting, terutama peran seorang wanita dalam mendidik anak. 

Setelah mengikuti talkshow Beauty Moves The Future of Education, aku makin bersemangat untuk menjadi guru terbaik bagi anakku. Selain itu, aku juga tak perlu merasa minder karena sudah tidak bekerja. Aku juga bisa jadi brave beauties yang menginspirasi ibu-ibu lain dengan ilmu parenting yang aku terapkan untuk pendidikan anakku.

Performa Musik : Tulus

Hari terakhir rangkaian acara Wardah Beauty Moves You "The Experience" ditutp dengan pertunjukan musik dari Tulus. Dibalik pembawaan Tulus yang cukup santai, ternyata diam-diam Tulus sudah memiliki beberapa kolaborasi dengan Wardah, seperti Bantu Guru Belajar Lagi dan Teman Gajah Tulus

Sore ini Tulus membawakan beberapa lagu seperti Baru, Bersamamu (lagu kolaborasi ciptaan Tulus untuk memperingati 25 tahun Wardah di tahun 2020), Labirin, Jangan Cintai Aku Apa Adanya dan lagu yang sempat viral di Tik Tok "Manusia Kuat". Tetap saja, lagu terakhir berjudul "Manusia Kuat" selalu paling berkesan bagiku.

Lagu itu mengajarkanku untuk selalu berjuang meraih mimpi sebagai wanita, meskipun kadang selalu ada faktor X yang menjegal tiap usahaku. Namun, aku akan selalu berjuang untuk meraih kebermanfaatan untuk sekitar sebagai seorang brave beauties yang berani meraih mimpi, menginspirasi, dan bermanfaat bagi orang lain.

Nah, seru banget kan acara Wardah Beauty Moves You "The Experience"! Kamu juga tetep bisa loh nonton replay acara ini di YouTube Wardah.


Share:

19 comments:

  1. Keren sekali Wardah punya sendiri perkebuanan edelweiss di Alpen Swiss, makin berkualitas pasti Crystal Secret, produk transformasi dari White Secret ini..
    Beneran campaign yang inspiratif ya Wardah Beauty Moves you ini, membuat kita termotivasi untuk menjadi versi terbaik diri dan menyemangati sesama nanti

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mom menginspirasi dan inspiratif banget. Aku juga baru tahu Wardah punya perkebunan Edelweiss di swiss. Makin keren hihi

      Delete
  2. Mantap jiwa. IInspiratif sekali ya mbak. Jadi makin yakin dengan produk-produk Wardah. Kami mendoakan semoga perkebuanan edelweiss di Alpen Swiss, makin bberkembangdan berkualitas ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups betul inspiratif sekali. Iya aamiin biar bisa jadi produsen produk halal buat wanita muslim

      Delete
  3. Seru dan bermanfaat sekali ya rangkaian kegiatan Wardah ini. Selain memperluas wawasan, juga membuat kita menjadi terinspirasi. Keren deh, ada VR-nya juga.

    ReplyDelete
  4. Pas liat-liat instagramnya wardah terus liat adab p eh auto penasaran akutuh. Ternyata bisa untuk pigmentasi. Wah, harus segera coba nih

    ReplyDelete
  5. Aku tertarik sama topik soal lingkungan sama pendidikan, sayang baru tau sekarang setelah baca tulisan Mba Anggi :( Ada youtube nya gak yaaa? mau nontoooon

    ReplyDelete
  6. ini acaranya bagus konsepnya. ada talkshow ada hiburan. pengisi acaranya juga bukan kaleng - kaleng. ayo kita jaga lingkungan kita bersama.

    ReplyDelete
  7. Wah, Super sekali Kak rangkaian acaranya. Benyak tokoh-tokoh yang dihadirkan di acara ini agar turut meramaikan. Apalagi ada Menteri Pendidikan Pak Nadiem Makarim yang ikut memberikan wejangan tentang betapa pentingnya peran perempuan dalam pendidikan.

    Alhamdulillah Wardah sekarang sudah semakin berkembang hingga punya tempat daur ulang & kebun Edelweis sendiri, Masya Allah.

    ReplyDelete
  8. Wardah merupakan salah satu produk cosmetic yang selalu membuat sebuah kisah-kisah inspiratif dan edukatif

    ReplyDelete
  9. tulisan ini bisa jadi referensi untuk doi yang suka pake produk wardah nih

    ReplyDelete
  10. Mantap bangetttt Wardah. Sayang sekali kemarin event ini terlewatkan olehku, huhuhu. Keseluruhan acara tampak berisi sekali dan semoga kita bisa menjaga bumi dimulai dari diri sendiri.

    ReplyDelete
  11. Keren sekali Wardah. Sangat menginspirasi untuk menetapkan standar kecantikan sendiri dan turut menjaga bumi. Hmm kemarin nyesal banget melewatkan event bagus ini.

    ReplyDelete
  12. Seruu banget yaa kayaknya acaranya. Jadi ingett dulu pertama kali cobain facial wash ya dari wardah hehehe.. masyaAllah ya, suka banget sama visi misinya wardah ini. Semoga tetep bersinarrr di industri skincare dan kosmetik Indonesia

    ReplyDelete
  13. Sebagai wardah lovers, saya suka banget dengan acara ini dan jadi gak sabar jajan varian wardah terbaru deh

    ReplyDelete
  14. saya tau wardah sejak 2000an memang mereka selalu menghadirkan produk2 yang berkualitas, tak heran sekarang masih saja ramai konsumen dan selalu memiliki kegiatan yang keren2.. hehe

    ReplyDelete
  15. Sebenernya saya kurang paham mengenain skincare, semoga wardah beuty ini bisa mencapai tujuannya untuk mengajak para wanita melakukan perubahan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi

Anggita R. K. Wardani

read more

Recent Posts


Posts

My Instagram Gallery

My Community