Flashback 2016

Assalamu’alaikum, Surabaya.
“Jika berjuang saja tanpa diperjuangkan atau diperjuangkan saja tanpa berjuang, maka tidak akan ada yang dicapai, yang ada hanya kekecewaan dan rasa lelah.”

Tak terasa, hari – hari di tahun 2016 telah berlalu dengan penuh cerita suka maupun duka. Di penghujung tahun 2016 ini, saya ingin melakukan sedikit #flashback semua peristiwa yang datang dalam kehidupan saya mulai bulan Januari hingga Desember. Meskipun banyak yang berkata bahwa masa lalu cukup untuk dikenang saja, tapi terkadang perlu juga melakukan refleksi dan rekam jejak terhadap semua yang telah kita lakukan untuk memantapkan langkah ke depan.

Dimulai dari bulan Januari, awal dari semua harapan bagi sebagian banyak orang. Di bulan inilah kita mulai menjejakkan kaki untuk menapaki 365 hari ke depan. Akan jadi seperti apa kita nantinya, tidak ada yang tahu. Ketika bulan Desember menyapa dan kita melakukan flashback ke belakang, kita baru akan mengetahui hal – hal apa saja yang sudah kita capai selama ini.


JANUARI
Bulan ini adalah bulan yang penuh derita, darah, air mata dan perjuangan bagi mahasiswa semester akhir seperti saya ini. Percobaan untuk lulus 3 semester, mengharuskan saya bekerja ekstra keras dan “struggle” dalam menyelesaikan penelitian. Jangan ditanya, cobaannya banyak sekali mulai dari alat yang rusak, deadline yang menyesakkan jiwa, antrian karakterisasi sampel yang sudah penuh dan revisi naskah ke dosen penguji yang kata orang Surabaya tuh “sak arat – arat” (saking banyaknya). Tapi, Alhamdulillah, naskah untuk sidang saya berhasil diterima di akhir bulan Januari dan siap untuk menghadapi penentuan jadwal sidang.

FEBRUARI
Setelah melewati administrasi TU Jurusan, saya mendapatkan jadwal sidang pada 6 Februari 2016 yang miris sekali karena jadwal sidang tersebut telah melewati batas yudisium institut tanggal 5 Februari 2016 *nangis di pojokan*. Hal itu berarti, pupus sudah harapan untuk lulus di semester ini. Ya sudah, yang penting sidang dulu lah…


Meskipun sudah berjuang dan diperjuangkan oleh Kaprodi Jurusan dan teman – teman hingga meloby sampai tahap Rektor, hukum birokrasi di ITS mengatakan TIDAK pada kami. *menghela napas panjang*. Ya sudahlah kata Abang Bondan. Setidaknya kami sudah berjuang dan diperjuangkan. Jika berjuang saja tanpa diperjuangkan atau diperjuangkan saja tanpa berjuang, maka tidak akan ada yang dicapai, yang ada hanya kekecewaan dan rasa lelah.

Nasib pejuang wisuda #113 menunggu keputusan Rektor yang berakhir pilu T.T
Seminggu setelah sidang, ada panggilan untuk menjadi pembicara seminar keilmiahan di UISI, Gresik. Meskipun masih “jet lag” setelah sidang, namun hasrat untuk berbagi jurus kepenulisan mengalahkan semua rasa lelah itu.

Melihat adek – adek yang masih semangat di lembar baru sebagai mahasiswa, membuat hati ini turut bersemangat juga. Gimana, wajah saya masih ala - ala mahasiswa baru kan? Hehehehe :p


MARET
Setelah puluhan purnama sering tak tidur akibat revisi dan persiapan sidang, kini saatnya saya untuk berlibur menikmati pantai. Destinasi yang menjadi tujuan saya dan teman – teman adalah Gili Labak, the hidden paradise. Baca kisah mengharukannya DI SINI.


APRIL
Masa pengembangan diri dan juga semedi untuk menentukan apa yang harus dilakukan hingga akhir tahun 2016. Masa-masa refleksi diri (hohoho).

Bertapa ke Pacet
MEI
HAPPY 5th ANNIVERSARY, C-28!!! Pada tanggal 27 Mei 2016 merupakan ulang tahun kelima angkatan 2010. Sudah lima tahun berlalu sejak lahirnya C-28, generasi ke 28 warga C kimia. Semoga kita makin jaya, sukses dan kompak selalu.


JUNI
Pada bulan yang penuh berkah kali ini, angkatan 2010 sepakat merayakan ulang tahun angkatan pada bulan Mei lalu dengan berbagi. Kali ini saya berperan sebagai panitia penggerak untuk mengerahkan para makhluk C-28 bekerja demi mewujudkan event ini.
 
Terimakasih atas antusiasme mbak-mas C-28 serta pihak lain yang membantu terselenggaranya acara sederhana ini. Tiada kata atau apa pun yang mampu membalas kebaikan kalian semua kecuali Allah SWT.
Mbak-mas keluarga C-28

JULI
Kangen sama kepanitian di ISOC 1 tahun 2014 lalu??


Dari kiri ke kanan : Hamdan, saya, Ulfi, Maya, Ema, Kia.
Now, we’re back again at ISOC 2. Tapi kali ini cuma trio kwek-kwek saja yang “comeback” sebagai panitia. Berawal dari status mahasiswa aktif tetapi pasif yang hanya menunggu jadwal wisuda, maka kami bertiga diculik oleh Pak Wahyu untuk membantu kepanitiaan ISOC (lagi). Kali ini acara berada di Surabaya.

AGUSTUS
Menjelang hari kemerdekaan Indonesia yang ke 71, tahun ini saya kembali melancarkan aksi blusukan di Surabaya untuk mempelajari sejarah di Surabaya. Kali ini mengangkat tema maritim, saya dan teman saya blusukan hingga ke asrama TNI-AL di Bumimoro. Lha kok bisa? Silakan baca cerita serunya DI SINI.


SEPTEMBER
September ceria ya. Akhirnya wisuda juga. Sudah bisa move on dari #113 ke #114. Setelah satu semester berstatus mahasiswa aktif tapi pasif, akhirnya lepas status juga dari mahasiwa ke alumni.

Foto grup penelitian S1-S2 bersama Ibu Dosen Pembimbing paling kece.

OKTOBER
“Ayok buat buku tentang kisah angkatan kita. Target selesai 2017.” Di bulan ini tercetuslah suatu ide gila untuk membuat proyek menulis bersama sahabat saya mengenai cerita angkatan 2010 untuk mengisi waktu menganggur kami agar produktif. Berawal dari rasa kangen mendalam terhadap ramenya, gilanya, koplaknya dan keseruan #angkatan2010 dalam menjalani masa perkuliahan, kami memutuskan untuk mengabadikan momen tersebut ke dalam suatu tulisan. 


NOVEMBER
Berawal dari curhatan iseng para wanita sholehah yang baru lulus kuliah di Telk*msel Flash Lounge Kampus Perjuangan (Saya dan Mbak Memey) disertai pertemuan tak terduga dengan Mami Vita dan Ukhti Kutung, terbentuklah komunitas wirausaha jamur beranggotakan srikandi alumni ITS. Mbak Memey pun menculik sahabat seperguruan, yaitu Princess Ecy untuk ikut bergabung.

Srikandi alumni Kimia ITS
Di bulan ini ada juga kapal asing Volendam Cruise yang berlabuh di hatimu #eh di Surabaya Northquay. 

DESEMBER
Posisi yang masih menganggur dan menunggu panggilan sebagai tenaga pengajar menyebabkan saya diculik kesana-kemari. Kali ini menjadi panitia persidangan Musyawarah Wilayah IKA-ITS (Ikatan Alumni ITS) wilayah Jatim.

Squad persidangan yang ribetnya belakangan :p
Selamat kepada Bapak Dr. Ir Wachid Wahyudi M.T. yang akan menjabat sebagai Ketua IKA-ITS PW JATIM periode selanjutnya dan terimakasih kepada Bapak Wisnu selaku ketua periode sebelumnya.
Sertijab dari Pak Wisnu ke Pak Wachid
Lepas menjadi panitia MUSWIL IKA ITS, langsung capcus mencari ilmu katalis ke Semarang (bisa baca DI SINI) lalu lanjut berpetualang ke Jogja (baca DI SINI).
Mencari ilmu di Semarang
Melancong ke #jogjaistimewa

Petualangan di dua kota Jawa tengah tersebut menjadi cerita pemanis di akhir tahun 2016.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Eits, ternyata petualangan belum berakhir, masih ada serunya mengikuti Naval Base Open Day, acara tahunan yang diselenggarakan oleh Angkatan Laut di Surabaya. Saya pulang dari Jogja tgl 15 Desember dan acara ini diselenggarakan tanggal 18 Desember. Kita bisa menjelajah tempat yang biasanya tidak dibuka untuk umum mulai dari Monumen Jalesveva Jayamahe, Fleet House hingga naik ke kapal perang dan kapal Dewaruci. Huwaww….

Fleet house
Bersama squad #SISIBA (Single2 tabah xp)

Abaikan ibu2 di sebelah kiri yang sedang mengagumi kecantikanku (hahahaha :p)
Sekarang, resolusi utama di tahun 2017 adalah……
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Jeng jeng jeng jeng…*sparkling eyes sambil ada pelanginya kayak di spongebob



MENJADI MANUSIA YANG LEBIH BAIK DIBANDINGKAN TAHUN 2016.

Aamiin ya Rabb…
Sekian ^.^v

Sampai jumpa di 2017 yang penuh dengan harapan, mimpi dan kebahagiaan :)


Love,
Anggi
Share:

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi

About Me

read more

Posts

Recent Posts


My Community


ID Corners
indonesian hijab bloggerKumpulan Emak2 Blogger