From Us to you : Dirgahayu Republik Indonesia Ke-71

by - Wednesday, August 17, 2016

Assalamu'alaikum, Surabaya


Pertama-tama mari kita ucapkan Alhamdulilah karena masih diberi kesempatan untuk menjelajah sejarah dari kota Surabaya dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia di tahun 2016.
Tahun ini merupakan tahun kedua saya melakukan sebuah rute kemerdekaan dengan sahabat gokil sejak jaman SMP (sebut saja namanya Emma) dan masih mau menjalankan rutinitas anti mainstream ini. Bagi kita ini merupakan sebuah perjalanan batin dalam rekam jejak sejarah Indonesia di kota Pahlawan ini #ciyeee
Tahun ini kita melakukan rute perjalanan sehari dari Musium Loka Jaya Crana, Kompleks TNI AL Bumimoro, Musium Bank Mandiri (Eks. Escompto Bank), Balai Kota Surabaya dan Monkasel. Entah kenapa temanya jadi Navy banget (ceileh..)
Kalau tahun lalu rute kemerdekaan kita mulai dari HOS-Gedung PTPN-Tugu Pahlawan-Musium Bank Indonesia (Eks. De Javasche Bank), kalau penasaran seperti apa keseruan kita taun lalu, buka link ini aja (Klik di sini kakak)
Okee, langsung cuss aja yuk daripada penasaran seperti apa serunya jalan-jalan, kejadian tak terduga dan macem-macem deh kelakuan kita hari itu hihihi..

MUSIUM LOKA JAYA CRANA
Musium milik TNI AL ini terbuka untuk umum. Hanya saja, sesungguhnya kita wajib lapor dan membuat surat ijin sebelum berkunjung. Jadi ceritanya nih, karena kita nggak ngerti sama prosedurnya, akhirnya kita digelandang ke kantor museum hehe. Tenang, kita nggak diapa-apain kok, Cuma di suruh ngisi buku tamu dan di brifing masalah perijinan aja sama bapak-bapak TNI AL nya.
Sebenernya, ada fasilitas planetarium di sini yang keren abis. Tapi sayang, untuk bisa mendapatkan fasilitas itu, harus  mendapat perijinan dan minimal berjumlah 20 orang. Saya pernah kesini sebagai bocah SD yang belum mengenal kejamnya dunia dan merasakan fasilitas planetarium di situ. Top dah pokoknya. Sorry, spoilernya ngga bisa banyak-banyak, ada aturan dari sana soalnya hihi.
Depan musium


KOMPLEKS AKADEMIS TNI-AL Bumimoro
Nah lhoo, kok bisa sampe masuk ke sini???
Jadi ceritanya, setelah digelandang di kantor museum, bapaknya ternyata mengapresiasi maksud kedatangan kami yang hanya ingin sekadar “cooling down” setelah rutinitas di kampus dll. Menurut beliau, jarang sekali ada mbak-mbak yang excited kayak kita buat tahu masalah sejarah AL dan kawan-kawannya. Akhirnya beliau menawarkan untuk mengantarkan kami keliling lihat Taruna, eh salah, lihat kampus AAL (Akademi Angkatan Laut) ^^V.
Dari perjalanan ini, kita baru tahu kalau justru di kompleks Bumimoro inilah tempat landasan pesawat terbang yang pertama di Surabaya pernah dibangun (coba cek di Soerabaya Tempo Doeloe). Jadinya luaaaaaaaaaaaaaasssss banget areanya. Berasa kampus ITS pindah ke situ.
Akademi Angkatan Laut


Musium Bank Mandiri (Eks. Escompto Bank)
Setelah bertarung di Surabaya utara, kita langsung mlipir ke daerah Surabaya Timur di area Kembang Jepun. Di sini ternyata ada museum Bank Mandiri (Eks. Escompto Bank). Letaknya jadi satu sama gedung Bank Mandiri cabang Kembang Jepun. Kalau dibandingkan dengan Musium Bank Indonesia (Eks. De Javasche Bank), museum ini lebih kecil sih, cuma satu lantai aja.

Museum Eks. Escompto Bank

Hatinya mau disimpan dimana Bang?


Balai Kota Surabaya
Jadi intinya kita cuma berenti pinggir jalan buat foto di tulisan BALAI KOTA doang (hahaha). Ya Allah, maafkan kelakuan anti-mainstream kami….



MONKASEL (Monumen Kapal Selam)
Mungkin udah banyak yang tahu ya Monkasel itu dimana. Yups, ada di sebelah Delta Plaza. Kalau di sini, kita bisa masuk badan kapal selam KRI Pasopati yang dulu pernah mengarungi samudra dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. 

KRI Pasopati-"Tabah Sampai Akhir"

Lagi mencari koordinat 'jodohkuuuu #sing'

#abaikansaja

Menanti abang


Kita juga bisa lihat video rama. Jadi semacam video sejarah monkasel dan angkatan laut. Seru banget, apalagi waktu naratornya meneriakkan mottokapal selam TNI AL : “Tabah Sampai Akhir” yang bikin merinding, karena saat itu memang perjuangan mempertahankan RI sangatlah keras. 

Teater dalam Video Rama


Sampai di sini dulu, perjalanan rute kemerdekaan yang telah kita lalui pada 15 Agustus 2016. Dirgahayu Republik Indonesia ke 71. Inilah persembahan kecil dari dua orang WNI yang masih harus banyak belajar untuk mencintai negerinya sendiri. Semoga perjalanan kami bisa menginspirasi generasi muda untuk terus berbuat positif demi kemajuan Indonesia. 

BONUS : Surabaya NorthQuay

Oke, jadi, saya kesana masih dalam bulan Agustus, jadi sekalian dibuka disini aja haha...
Lokasinya di pelabuhan Tanjung Perak ya, jadi masuk lewat pintu masuk kalo mau nyebrang pake kapal ferry.
Kalau ke mau ke Northquay hari Sabtu-Minggu aja yee, kecuali ada event khusus. Lebih baik jam 4 ke atas biar dapet sunsetnya di sana.

Part 1-Sebelum sunset

Part 1 - Masi jam 3 an

Part 1-candid paling joss

Part 1 - Lantai 2

Part 2-sunset di Northquay

Part 2-Love is you

Part 2 - The lovely sky of North Surabaya

You May Also Like

0 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Silakan tinggalkan komentar atau saran untuk membangun tulisan yang ala kadarnya ini.

Love,
Anggi