Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Tips Meningkatkan Efisiensi Kerja Remote Bagi Freelancer

IndiHome dari Telkom Indonesia

Kerja secara remote menjadi jenis pekerjaan freelancer yang populer selama masa pandemi. Bahkan, jenis pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah tersebut, masih ada hingga saat ini. Dukungan internet cepat yang semakin luas membuat batasan ruang dan jarak menjadi tak berarti.

Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi para ibu rumah tangga yang ingin bekerja dari rumah. Saya pun memanfaatkan peluang bekerja secara remote agar bisa tetap menjaga si kecil tanpa harus meninggalkannya.

Salah satu tantangan dalam bekerja remote adalah efisiensi kerja yang kadang suka menurun karena kurang bisa mengatur waktu. Nah, saya punya beberapa tips untuk meningkatkan efisiensi kerja selama bekerja remote. Yuk, simak pemaparan tentang kendala, tantangan, dan tips saat kerja remote sebagai freelancer melalui artikel ini!


Pilihan untuk Kerja Remote, Solusi bagi Freelancer yang Ingin Bekerja dari Rumah

Apa sih kerja remote itu? Bagi yang masih bertanya-tanya, kerja remote atau remote working secara garis besar adalah pekerjaan yang dapat diselesaikan tanpa perlu pergi ke kantor. Artinya, kamu bisa bekerja dari rumah, coworking space, kafe, atau tempat-tempat lainnya yang nyaman menurutmu.

Jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote seperti content writer, data entry, programmer, graphic designer, dan lain-lain. Jadi, kerja remote ini merupakam solusi bagi freelancer yang ingin bekerja dari rumah atau tempat lain yang lebih nyaman. Contohnya, ya, seperti saya, ibu freelancer yang tetap ingin bekerja dari rumah.


Tantangan Bekerja Secara Remote

Apakah semudah itu bekerja dari rumah dan digaji? Jawabannya tidak. Soal fleksibilitas waktu, freelancer yang bekerja dari rumah tentu punya banyak keuntungan. Namun, ada beberapa kendala atau tantangan yang sering dihadapi oleh para pekerja freelancer. Hal tersebut bisa menurunkan produktivitas kerja jika tidak diatasi dengan baik.

1. Mengelola Fokus dan Konsentrasi

Tantangan pertama adalah bagaimana freelancer yang bekerja secara remote bisa mengelola fokus dan konsentrasi. Sebab, saat bekerja dari rumah, kafe, atau tempat nyaman lainnya, distraksi bisa datang lebih banyak. Sebut saja panggilan kasur yang empuk, tangisan anak yang mungkin mencari ibunya, dan hal-hal lain yang bisa menurunkan fokus, serta memecah konsentrasi.

2. Koneksi Internet

Menurut data yang dilansir dari situs teknologi Pricebook, Indonesia berada di peringkat 111 dari 132 negara dalam hal kecepatan internet. Kecepatan rata-rata internet di Indonesia hanya sekitar 15 Mbps. Padahal, saya pribadi memakai internet kecepatan 30 Mbps untuk kepentingan pekerjaan dan kebutuhan internet rumah.

Artinya, kecepatan internet sangat dibutuhkan dalam kerja remote. Terbayang, kan bagaimana jadinya kalau saat meeting online dengan klien terkendala kecepatan koneksi internet.

3. Komunikasi

Bekerja secara remote di era digital pastinya lebih banyak menggunakan komunikasi secara online. Bisa lewat pesan singkat, video call, dan sejenisnya. Nah, para freelancer yang bekerja secara remote harus paham dan bisa menggunakan aplikasi komunikasi berbasis online.

4. Efisiensi Kerja

Tantangan selanjutnya adalah bagaimana bisa bekerja efisien untuk meningkatkan produktivitas. Seringkali freelancer mengorbankan jam tidur untuk menyelesaikan pekerjaan. Artinya kerjanya masih kurang efisien karena masih harus mengorbankan jam tidur. Ada manajemen waktu dan skala prioritas yang harus dibenahi.


Tips Meningkatkan Efisiensi Kerja Remote

Dari keempat tantangan bekerja secara remote, efisiensi kerja adalah tantangan yang paling susah untuk ditaklukkan. Idealnya, bekerja secara remote lebih nyaman dan bisa meningkatkan produktivitas karena kenyamanan yang tercipta. Realitanya, banyak juga distraksi yang menyebabkan efisiensi kerja menurun.

Ada beberapa tips dari saya agar para freelancer yang bekerja secara remote memiliki efisiensi kerja bagus, bekerja produktif, dan jam tidur tidak terganggu.

1. Bekerja di Ruangan Khusus tanpa Distraksi

Pertama-tama, siapkan kamar atau ruangan khusus yang jauh dari jangkauan anak (jika memiliki anak) atau jauh dari ruang santai keluarga. Atur ruangan senyaman mungkin. Bisa tambahkan dekorasi unik yang membuat nyaman. Kunci pintu saat sedang bekerja.

2. Memasang Provider Internet Cepat

Biasanya bekerja secara remote akan banyak didominasi oleh aktivitas online seperti mencari data, komunikasi dengan klien, atau mengumpulkan pekerjaan. Oleh karena itu, ketersediaan koneksi internet yang cepat dan stabil menjadi tantangan para freelancer yang bekerja secara remote. Jangan sampai klien bete gara-gara lambat membalas pesan atau merespon tugas.

Untungnya ada IndiHome dari Telkom Indonesia yang menyediakan internet cepat dengan koneksi yang stabil. Provider internet IndiHome merupakan layanan internet cepat yang disediakan oleh Telkom Indonesia. Kecepatan internetnya pun bisa di upgrade sesuai kebutuhan. Kalau saya pribadi memakai layanan internet cepat dan IndiHome TV dengan kecepatan internet 30 Mbps untuk kepentingan kerja remote dan kebutuhan keluarga.

3. Membuat Skala Prioritas

Fokus sudah oke, kecepatan internet juga gaspol dengan provider internet IndiHome. Selanjutnya bisa membuat skala prioritas mulai dari pekerjaan yang harus segera diselesaikan hingga pekerjaan yang masih bisa dikerjakan nanti. Selesaikan urutan pekerjaan mulai dari yang urgent hingga yang kurang urgent.

4. Membuat Jadwal Harian

Selain membuat skala prioritas, buat juga jadwal harian tentang apa saja yang harus dikerjakan hari itu. Tulis secara detil hingga ke durasi pekerjaan. Misalnya jam 04.00-05.00 mengerjakan draft tulisan untuk pekerjaan, 05.00-06.00 menyiapkan sarapan, dan seterusnya.

Tidak apa-apa jika saat durasi sudah ditentukan, tapi pekerjaan sebelumnya belum selesai. Tetap lakukan pekerjaan selanjutnya sesuai jadwal. Nanti jika ada waktu kosong, bisa teruskan pekerjaan yang belum selesai.

5. Memahami Aplikasi untuk Komunikasi Online

Jangan lupa untuk selalu up to date terhadap perkembangan aplikasi untuk komunikasi online. Misalnya saja aplikasi apa yang sedang ramai digunakan untuk meeting online. Pahami cara kerjanya dan usahakan untuk memiliki aplikasi tersebut di dalam gadget.


Penutup

Efisiensi bekerja secara remote bisa ditingkatkan melalui beberapa hal seperti memperhatikan fokus dan konsentrasi, menggunakan provider internet cepat untuk ketersediaan koneksi internet anti lelet, membuat manajemen waktu lewat skala prioritas dan jadwal harian, serta upgrade komunikasi secara daring.

Kebutuhan internet cepat bisa dipenuhi lewat provider internet IndiHome dari Telkom Indonesia. Dengan begitu, efisiensi bekerja akan meningkat, mengolah data anti lelet, dan produktivitas meningkat.


Referensi

https://glints.com/id/lowongan/kerja-remote-working/#.ZA2rnOwxVPz

https://www.pricebook.co.id/article/tips_tricks/13024/bekerja-dari-rumah-dan-dampak-positifnya-bagi-karyawan

16 komentar

16 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • sylvianayy
    sylvianayy
    13 April 2023 pukul 21.02
    menurutku tantangan kerja freelance atau kerja online zaman sekarang itu yang paling penting soal jaringan internetnya sih ya, kalau lemot juga bakal repot kerjanya dan komunikasi jadi kurang lancar, berujung kerjaan gak selesai. jadi intinya internetnya harus stabil dan kenceng deh
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    15 Maret 2023 pukul 10.06
    Biar kata bekerja dari rumah idealnya kita memang harus memiliki ruang kerja dan waktu khusus ya, mbak untuk menjalankan pekerjaan kita. Tentunya juga harus didukung dengan jaringan internet yang lancar
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    15 Maret 2023 pukul 09.56
    Makasih banget tipsnya mba, aku termasuk yg kadang nggak fokus kerja freelance, banyak banget yg ngalihin
    Reply
  • Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti
    15 Maret 2023 pukul 09.24
    Aku tim kerja harus full internet, jadi pemilihan internet sangat bergantung dengan efesiensi kerjaan
    Reply
  • Han
    Han
    15 Maret 2023 pukul 09.03
    Bener banget kak, skala prioritas ini penting banget yaa, tanpa itu rasanya kita ngga akan bisa fokus mau menyelesaikan yang mana dulu
    Reply
  • Nita
    Nita
    15 Maret 2023 pukul 08.40
    IndiHome dari Telkom Indonesia memang mempermudah akses kita cari informasi ya, mbak. Kerja pun Jadiblebih efisien.
    Reply
  • Naqiibatin Nadliriyah
    Naqiibatin Nadliriyah
    15 Maret 2023 pukul 05.40
    Huuum, Mbak. Buat para pekerja dari rumah koneksi internet cepat dan stabil menjadi kebutuhan utama ya. Untung ada IndiHome yang bisa memberikan kebutuhan para pekerja dari rumah ini
    • Naqiibatin Nadliriyah
      ANGGITA RAMANI
      17 Maret 2023 pukul 08.46
      Yes, mba apalagi sekaranh kan kebanyakan kerjaan selalu online. Kalau internet ngadat suka bikin bete hehe
    Reply
  • lendyagasshi
    lendyagasshi
    15 Maret 2023 pukul 00.47
    Ternyata tips Efisiensi bekerja secara remote ini ada di 5 hal di atas ya..
    Dengan konsentrasi dan fokus pada jadwal harian yang dibuat, maka bantuan internet cepat akan semakin menambah produktivitas para pekerja remote working.
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    14 Maret 2023 pukul 12.10
    Internet sekarang memang jadi teman saya yang sedang merintis agar bisa bekerja remote dan menghasilkan. Kualitas internet yang digunakan memang harus dipertimbangkan agar bisa terus nyaman bekerja dari rumah atau tempat lainnya.
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    13 Maret 2023 pukul 21.08
    Setuju banget Kak. Kerja remote masalah paling seringnya 2 sih kalau aku, distrasi zona nyaman (re:bantal, kasur) sama koneksi internet.

    Untungnya di rumah pakai Indihome, pekerjaan remote pun jadi lancar.
    • Auliya Nurrahman
      ANGGITA RAMANI
      17 Maret 2023 pukul 08.45
      Sama mba, distraksi kasur sama bocah wkwkwk
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    13 Maret 2023 pukul 10.54
    Jaringan internet yang cepat dan stabil dari IndiHome ini sangat dibutuhkan oleh remote worker ya mbak
    Agar bisa efisien kerjanya
    Reply
  • Rey - reyneraea.com
    Rey - reyneraea.com
    13 Maret 2023 pukul 00.46
    tantangan bekerja dari rumah itu yang pertama adalah fokus dan konsentrasi, duh syusyaaahhh :D
    Kedua, manajemen waktu. dan yang paling penting butuh banget koneksi internet yang cepat dan anti ngadat :D
    Reply
  • nurul rahma
    nurul rahma
    12 Maret 2023 pukul 21.20
    Setuju bgt, kak

    akses dan koneksi internet yg mumpuni adalah koentji!!

    supaya kita makin semangat dlm b'kreasi yah
    • nurul rahma
      ANGGITA RAMANI
      17 Maret 2023 pukul 08.45
      Betul mba
    Reply