Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Tambah Wawasan Dengan Mengunjungi Museum yang Ada di Kota Tua Berikut Ini

Sebagai Ibukota Indonesia, tentunya Jakarta memiliki segudang daya tarik untuk mendatangkan wisatawan lokal, maupun mancanegara. Apalagi kota Jakarta juga menjadi pusat bisnis terbesar yang ada di Indonesia. Hal ini mengakibatkan banyak orang yang tinggal di Jakarta butuh hiburan yang ada di sekitar tempat tinggal mereka.

Apalagi bagi warga Jakarta yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, pasti menjadi sebuah kebiasaan untuk pergi berwisata setiap minggunya. Bukan hanya menarik minat warga lokal, ternyata Jakarta juga mampu menarik minat masyarakat yang berada di luar Jakarta untuk berkunjung langsung ke Ibukota.

Kota Tua Jakarta
Sumber gambar: reddorz

Museum di Kota Tua Jakarta

Jakarta memiliki banyak tempat bersejarah seperti museum yang akan menambah wawasan bagi setiap pengunjung yang datang. Wawasan yang didapat ketika mengunjungi museum tentunya akan bermanfaat untuk bekal masa depan. Penasaran dengan museum yang ada di Kota Tua Jakarta? berikut ini daftar museum yang bisa ditempuh hanya dengan jalan kaki.

Museum Bank Indonesia (BI)

Museum pertama yang tentunya dapat dikunjungi yaitu Museum BI atau Bank Indonesia yang jaraknya sangat dekat dengan kawasan Kota Tua. Sesuai dengan namanya, museum ini akan menampilkan beragam mata uang saat dipimpin Belanda, awal kemerdekaan, masa orde baru, masa reformasi, dan sampai sekarang.

Selain itu juga banyak mata uang zaman dulu yang pernah beredar di Indonesia. Di sini juga terdapat fasilitas berupa diorama dan display elektronik yang akan menjelaskan tentang sejarah uang di masa lalu melalui video. Harga tiketnya cukup murah meriah. Hanya sekitar lima ribu rupiah saja sudah bisa berkeliling mengetahui berbagai mata uang yang pernah ada di Indonesia.

Museum Mandiri

Setelah selesai dari Museum BI, maka bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki ke museum yang ada di sebelahnya yaitu Museum Mandiri. Harga tiketnya juga sebesar lima ribu rupiah, sama dengan tiket di Museum BI.

Di sini banyak sekali koleksi yang erat kaitannya dengan perbankan zaman dulu dan proses perkembangannya hingga sekarang. Beragam peralatan perbankan tempo dulu juga hadir di museum ini seperti mesin ketik, mesin penghitung logam, mesin ATM, dan juga mesin pembukuan.

Selain koleksi perbankan zaman dulu, ada fasilitas diorama yang akan menjelaskan tentang ekonomi dan juga perdagangan yang terjadi di Indonesia pada masa dahulu. Diorama ini sangat menarik jika digunakan sebagai media pembelajaran bagi anak.

Museum Sejarah

Museum berikutnya bernama Museum Sejarah atau lebih banyak orang mengenalnya dengan Museum Fatahillah. Harga tiketnya juga lima ribu, sama harganya saat memasuki museum yang lainnya pada sekitar Kota Tua.

Museum ini akan memberitahu pengunjung tentang Jakarta di masa lalu, perjalanan sejarah dari Kota Jakarta, hingga seperti saat ini. Setelah berkeliling di museum dan ingin bersantai di sore hari maka bisa ke Taman Fatahillah yang ada di depan Museum Sejarah.

Pengunjung juga bisa menyewa beragam sepeda ontel yang tersedia untuk mengelilingi kawasan Kota Tua. Cukup menarik bukan, wisata museum sejarah dengan mengendarai sepeda ontel tua ala zaman dulu.


Tertarik Wisata Museum di Kota Tua Jakarta? Segera Cek Harga Tiket!

Itulah daftar museum yang termasuk dalam kawasan Kota Tua dan bisa diakses hanya dengan berjalan kaki. Hal inilah yang turut menarik minat masyarakat luar kota, termasuk dari Pekanbaru yang ingin datang ke Jakarta.

Jika ingin lebih cepat sampai di Jakarta, maka bisa memperoleh tiket pesawat murah Pekanbaru - Jakarta dari aplikasi Pegipegi. Jarak tempuhnya hanya sekitar 2 sampai 3 jam untuk sampai di Jakarta. Apalagi ada banyak tersedia tiket murah di Pegipegi yang sayang untuk dilewatkan.


Referensi

https://www.idntimes.com/travel/destination/nena-zakiah/wisata-museum-di-kota-tua-jakarta-c1c2 


18 komentar

18 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Jejak Pena Oemy Ikbar
    Jejak Pena Oemy Ikbar
    2 Desember 2022 pukul 15.06
    Mba pernah baca novel The Jacarta secret? Setingnya di mussum kota tua pasti seru banget bacanya kalau kita pernah berkunjung ke tempatnya. Imajinasi kita jadi lebih utuh
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    30 November 2022 pukul 12.01
    Cantik ya Kota Tua di Jakarta. Kalau Kota Lama di Semarang ga punya museum yang benar-benar museum kayak diceritakan di atas. Adanya yang 3D kalau di sini. Kapan-kapan kudu jelajah Kota Tua di Jakarta dan ke museum-museum yang ada di sana.
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    30 November 2022 pukul 11.49
    Mantap banget nih..
    Asiknya menikmati sejarah masa lalu Jakarta melalui wisata Kota Tua Jakarta dan kini mendapatkan tiket dengan mudah, harga pas bisa menggunakan apps Pegipegi.
    Reply
  • Andy Hardiyanti
    Andy Hardiyanti
    30 November 2022 pukul 11.47
    Kemarin waktunya mepet banget pas di Jakarta. Kapan-kapan kalau ke sana lagi, mau ah mengunjungi Kota Tua Jakarta. Seru kayaknya. Kalau di sini (Lombok) tuh kota tuanya ada di daerah Ampenan. Jadi sering disebut Kota Tua Ampenan.
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    30 November 2022 pukul 11.45
    Museum saat ini sudah mendapatkan perombakan maksimal ya. Gak lagi berkesan sepi, museum sekarang justru menarik dan ramai.
    Terakhir ke museum di kota tua kapan ya, masih jaman sekolah kayanya hahaha...
    Abis itu kalau ke ibu kota gak pernah mampir lagi. Pasti seru bisa foto foto di sana
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    30 November 2022 pukul 11.24
    Baru sekitar 2 bulan lalu rasanya mampir ke sini. Tapi kebetulan gak sempat mampir museumnya karena ramai sekali waktu itu. Bagus sih kawasan ini sekarang. Jauh lebih rapi dan tertata. Jadi penasaran jalan-jalan ke sini lagi sambil menikmati jalan-jalan naik kereta..
    Reply
  • Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    Rahmah 'Suka Nulis' Chemist
    30 November 2022 pukul 11.08
    Aku pernah ke Kota Tua tapi cuma sebentar saja karena sewaan sepeda sudah mau tutup. Padahal excited banget pas lihat...
    Reply
  • Saraah Megha
    Saraah Megha
    30 November 2022 pukul 10.29
    kalau di semarang ada kota lama, dan emang rasanya berasa amaze dengan bangunan lamanya ya mbak, keliatan megah dan kokoh dan penuh history, keren masih bisa bertahan lamaaa
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    30 November 2022 pukul 09.47
    di kota tua memang banyak ya museumnya. aku dulu pernah juga ke kota tua tapi sayang nggak ke museumnya soalnya hari itu museumnya tutup. he
    Reply
  • Aprilely Ajeng Fitriana
    Aprilely Ajeng Fitriana
    30 November 2022 pukul 07.19
    4 tahun tinggal di Bogor, belum pernah jalan-jalan ke sini. Padahal nggak terlalu jauh. Bisa naik kereta juga kan.

    Kapan-kapan deh ajakin bocil ke sini. Sepertinya seru
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    30 November 2022 pukul 03.39
    Jadi bernostalgia jaman dulu di FLP hampir setiap bulan ada agenda sastra ke tempat ini. Tapi dulu 10 tahun lalu dan sampai sekarang belum balik sana
    Reply
  • Sabrina
    Sabrina
    29 November 2022 pukul 11.50
    Dulu saya sering banget berkeliling ke Kota Tua dengan teman-teman Jepang saya, mereka suka banget berkunjung ke sini termasuk ke museumnya, dan zaman dulu itu orang maish jarang yang suka berkunjung ke tempat ini, apalagi mungkin orang Jakarta, jadi asik ga terlalu ramai
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    28 November 2022 pukul 12.43
    Kalau ke Jakarta, memang nggak boleh melewatkan kawasan kota tua ya mbak
    Kota tua adalah destinasi wisata yang wajib dikunjungi
    Disini adalah pusatnya wisata heritage di Jakarta
    Reply
  • Donasaurus
    Donasaurus
    28 November 2022 pukul 10.34
    Kota tua emang uwow banget ya,kalo mau berkunjung ke museum enaknya datang agak pagi biar bisa menikmati setiap koleksi dan suasana vintagenya
    Reply
  • Julia Pasca
    Julia Pasca
    28 November 2022 pukul 08.24
    Tahun berapa ya aku terakhir kesana, Mbak. Masih single aku ingat dulu. Ingatnya naik sepeda tua gitu, Mbak. Aku gak ke museumnya saat itu, Mbak huhuhu. Next ah ngajak anak-anak kalau ke sana, jadi wisata edukasi tentu saja
    Reply
  • Ulfah Wahyu
    Ulfah Wahyu
    27 November 2022 pukul 17.24
    Berkunjung ke museum pastinya akan memberikan banyak wawasan untuk anak2 ya mbak. Agar mereka mengenal sejarah masa lampau yang tentunya memiliki daya tarik tersendiri.
    Reply
  • Farida Pane
    Farida Pane
    27 November 2022 pukul 15.37
    Wisata museum itu sebenarnya seru banget karena biasanya tiketnya murah dan nambah ilmu
    • Farida Pane
      Nurul bukanbocahbiasa
      30 November 2022 pukul 12.06
      Betuull bgt.
      Ga rawan bikin dompet boncossss
      Malah banyak hal baru kita dapatkan
    Reply