Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

4 Perbedaan Muntah Asam Lambung dan Hamil

Siapa yang sedang harap-harap cemas menanti kehamilan? Biasanya kehamilan sering ditandai dengan muntah-muntah atau morning sickness. Walaupun merasakan mual yang diikuti dengan rasa ingin muntah atau bahkan muntah, tetap saja hal itu tidak selalu menjadi tanda kehamilan. Apa yang dirasakan saat hamil terkadang mirip dengan asam lambung naik. Sehingga ada perbedaan muntah asam lambung dan hamil yang jelas.

Sereal Nutriflakes

Gejalanya memang cukup mirip tetapi sebenarnya tidak, karena memang ada perbedaannya. Terlalu banyak makan makanan yang berlemak juga bisa menyebabkan mual kemudian muntah. Kondisi mual dan muntah saat hamil juga tidak sama dengan mual dan muntah saat asam lambung naik.


Ini Perbedaan Muntah Asam Lambung dan Hamil

Ada sejumlah perbedaan antara muntah ketika asam lambung sedang naik dengan muntah karena memang sedang hamil. Perbedaan inilah yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kondisi kesehatan saat itu. Berikut ini beberapa perbedaan muntah asam lambung dan hamil biasa:

1. Mual dan Muntah Saat Hamil Berkaitan dengan Faktor Hormonal

Salah satu penyebab yang membuat seseorang muntah ketika hamil adalah, adanya morning sickness yang diawali dengan rasa mual kemudian muntah. Mual ini disebabkan oleh hormon dalam tubuh kemudian otak pun dipengaruhi oleh perubahan hormon itu.

Sehingga asam lambung pun meningkat dan muncul rasa mual yang diakhiri dengan muntah. Rasa mual ini berasal dari faktor hormonal yang juga bisa disebabkan oleh adanya luka di lambung.

Akan tetapi, mekanisme mual muntah sama sekali tidak sama antara orang hamil dengan orang yang sakit maag. Faktor hormonal merupakn faktor utama yang membuat Ibu hamil mengalami mual muntah, sedangkan orang yang sakit maag tidak mengalami perubahan hormon apapun.

2. Perbedaan Penyebab Muntah Saat Hamil atau Terkena Maag

Dari dua kondisi tersebut juga ada perbedaan lainnya dengan penyebab yang berbeda. Misalnya, muntah saat hamil bisa disebabkan oleh morning sickness jika muntahnya di pagi hari.

Hal ini merupakan sesuatu yang wajar bagi seseorang yang sedang hamil. Hal itu disebabkan oleh hormon Beta-HCG yang kadarnya memang lebih tinggi saat pagi tiba. Tapi itu normal bagi orang hamil.

Sebaiknya lebih waspada ketika muntah secara terus menerus sampai mengalami dehidrasi. Mual dan muntah yang dialami ketika sakit maag akan diawali dengan mulut yang pahit, karena asam lambung yang naik.

3. Muntah Saat Hamil Sensitif pada Bau

Perbedaan lainnya bisa dilihat dari orang yang hamil lebih sensitif pada bau sehingga muncul mual dan muntah. Indera penciuman orang hamil memang lebih sensitif terutama untuk jenis bau yang menyengat.

Seperti ketika Ibu hamil mencium atau menghirup asap rokok, hal itu biasanya memicu rasa mual. Makanan dengan aroma tertentu juga biasanya membuat mual dan kemudian muntah.

Tapi mual dan muntah yang disebabkan oleh sakit maag biasanya tak ada hubungannya dengan sensitif pada bau, atau sensitif pada rasa tertentu. Agar diagnosis lebih akurat, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

4. Lama Waktu Antara Muntah Maag dan Hamil

Terdapat perbedaan waktu antara muntah yang disebabkan karena hamil atau karena maag. Mual karena maag biasanya tidak berlangsung lama sedangkan untuk mual karena hamil bisa dirasakan secara terus menerus, sehingga akhirnya muntah.

Jumlah muntahnya pun bisa beberapa kali dalam satu hari. Heartburn yang disebabkan oleh refluks pada asam lambung biasanya hanya berlangsung dalam waktu dua jam saja maksimal.Pola makan teratur, konsumsi obat maag, dan pengendali asam lambung akan membuat maag sembuh.


Mengalami Gejala Mual Muntah? Atasi dengan Cara Ini

Begitulah beberala perbedaan antara muntah ketika hamil atau sakit maag. Beberapa perbedaan muntah asam lambung dan hamil yang juga diiringi dengan rasa mual, akan membantu penderita ketika bingung apakah muntah yang dialami memang hamil atau hanya sakit maag.

Ketika mual dan muntah terjadi, maka segera konsumsi sereal Nutriflakes. Salah satu bahan utamanya adalah umbi garut yang secara empiris bisa membuat perut nyaman. Alhasil, sereal ini dapat mengatasi rasa mual dan juga gangguan asam lambung naik (GERD) maupun maag kronis.

18 komentar

18 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • lylamanzila
    lylamanzila
    23 September 2022 pukul 15.07
    Wah ada banyak persepsi soal mual hamil, nggak kebayang sih mual karena hamil. Katanya rasanya itu tengggorokan dan perut kebas gitu
    Reply
  • Saraah Megha
    Saraah Megha
    21 September 2022 pukul 11.26
    jadi teringat hamil pertama mbak, kukira masuk angin sama magh, ternyata hamil. Dan memang belum besa bedain, taunya muntah aja, dan jam makan yang harus konsisten sama
    Reply
  • lendyagassi
    lendyagassi
    21 September 2022 pukul 11.17
    Sungguh harus banget ini membedakan ciri-ciri mual, terutama pada tubuh wanita.
    Karena salah diagnosis bisa membahayakan dalam memberikan obat, kalau memang butuh bantuan medis.
    Reply
  • https://www.rumahami.com
    https://www.rumahami.com
    21 September 2022 pukul 10.50
    Mual muntah saat hamil itu sudah sunnatullah ya. Jadi ingat dua kali hamil, acar mualnya bisa 10 menit sendiri tiap pagi. Makanya kalau hamil lagi jadi pikiran ini ya mualnya itu. Bisa juga mencoba seral ini ya.
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    21 September 2022 pukul 10.26
    saya waktu hamil pernah sih mengalami muntah-muntah karena mual gitu tapi alhamdulillah nggak parah. nah kalau asam lambung belum pernah nih sampai muntah
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    21 September 2022 pukul 09.59
    Mual ketika hamil umumnya memang dipicu hal-hal dari luar ya Mbak, seperti aroma atau suasana yang tak nyaman. Sedangkan pada asam lambung, pemicunya langsung dari dalam tubuh. Reaksinya mirip, tapi jika diperhatikan lebih detail ternyata berbeda ya.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    21 September 2022 pukul 09.20
    Suamiku sering begini nih kalau asam lambungnya naik. Coba deh nanti konsumsi sereal Nutriflakes dengan umbi garut yang secara empiris bisa membuat perut nyaman dan atasi rasa mual dan juga gangguan asam lambung naik.
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    21 September 2022 pukul 09.02
    Ah ingat waktu awal nikah karena kelelahan pasca acara resepsi saya muntah parah sampai dikira hamil. Lah masak iya langsung jadi padahal nikah baru seminggu ... Ternyata saya vertigo dan asam lambung naik
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    21 September 2022 pukul 08.53
    Mual saat hamil tuh waktunya ga bisa diprediksi. Kapan aja bisa kejadian. Lagi duduk diam nungguin angkot lewat aja bisa tiba2 terserang mual hebat.
    Reply
  • Nurul bukanbocahbiasa
    Nurul bukanbocahbiasa
    21 September 2022 pukul 06.50
    Nah ini pentiiiinggg bgt utk diketahui para mamak muda ya.
    Jangan sampe salah self-diagnosa
    😉
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    21 September 2022 pukul 04.39
    Saat hamil belum pernah sih ngalamin muntah hanya mual saja. Meskipun berat dijalani. Tapi jadinl punya gambaran jadinya tentang muntah karena asam lambung dan hamil. Thanks
    Reply
  • Hindun Uswatun Nisa
    Hindun Uswatun Nisa
    20 September 2022 pukul 17.33
    umi saya punya asam lambung, sereal nutriflakes ini bisa jadi rekomendasi nih. Penasaran dengan manfaatnya yang bisa mengatasi mual. Infonya sangat membantu mbak
    Reply
  • Allamandawi
    Allamandawi
    20 September 2022 pukul 14.25
    Beberapa kali mual krn sakit maah dan itu nggak enak bnget, lemes tp plong jdnya, btw baru tau aku sama sereal nutriflakes ini nih
    Reply
  • cucum.my.id
    cucum.my.id
    19 September 2022 pukul 20.25
    Wah terima kasih untuk penjelasannya yang super lengkap Mbak.

    Terima kasih juga untuk rekomendasi serealnya. Terkadang saat mual karena hamil, perut sangat tidak nyaman. Malas makan. Ngebayangin makan saja terkadang sudah mual apalagi di trisemester pertama.
    Reply
  • Listiorini Ajeng Purvashti
    Listiorini Ajeng Purvashti
    19 September 2022 pukul 18.57
    Wah kalau aku muntah2 sekarang, biasanya masuk angin. Eh tapi sama gak ya muntah asam lambung dan muntah karena masuk angin / keracunan?
    Reply
  • Dewi Adikara
    Dewi Adikara
    19 September 2022 pukul 13.36
    Saya pernah terkena gejala asam lambung, dan direkomendasikan sereal nutriflakes ini oleh seorang teman
    Sereal Nutriflakes memang sangat membantu untuk mengatasi asam lambung, saat mengkonsumsi sereal ini, lambung terasa nyaman, nyeri yang dirasa juga mereda
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    19 September 2022 pukul 12.07
    Ah iya, saat hamil dulu saya tuh susah makan
    Kalau mencium bau makanan langsung mual dan muntah
    Jadi solusi ya, kalau mual dan muntah saat hamil bisa makan sereal Nutriflakes ini
    Reply
  • Iin Fauziah
    Iin Fauziah
    19 September 2022 pukul 08.35
    Jadi keinget waktu hamil si kecil 3 tahun lalu, hiperemesis parah, drama mual dan muntah-muntahnya sampai 9 bulan lamanya, berat badanpun jadi turun drastis. Tapi begitu selesai lahiran, ilang tuh yang namanya mual dan rasa pengen muntah..wkwkwk
    Reply