Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

FORTUNE Indonesia Summit 2022 Berikan Penghargaan Bergengsi untuk Businessperson of the Year dan 40 under 40

Perekonomian Indonesia sempat mengalami penurunan selama pandemi COVID-19 pada tahun 2020 sebesar -2,07 persen (BPS, 2020). Penurunan perekonomian tersebut menyebabkan munculnya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan banyaknya perusahaan gulung tikar alias bangkrut. Namun, di tengah kondisi tersebut, lahirlah para penggiat bisnis dan usaha yang mampu beradaptasi, serta muncul berbagai pejuang tangguh yang inspiratif dalam membuka jalan keluar bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, FORTUNE Indonesia akan memberikan penghargaan bergengsi Businessperson of the Year dan 40 under 40 kepada tokoh bisnis dan penggiat ekonomi inspiratif dalam acara FORTUNE Indonesia Summit 2020.

Fortune Indonesia


Apa itu FORTUNE Indonesia?

FORTUNE Indonesia merupakan media bisnis global terkemuka yang mempunyai komitmen tinggi untuk menyediakan informasi jurnalistik dengan standar akurasi, transparansi, dan legalitas yang tinggi di Indonesia . Selain itu, FORTUNE Indonesia juga ingin memperkaya wawasan serta insight bagi generasi milenial dan gen Z mengenai literasi finansial. Sebab, menurut hasil survei salah satu bank internasional pada 2020 menyebutkan bahwa generasi milenial berusia 25-44 tahun paling terkena dampak pandemi Covid-19 dari sisi finansial.

Keluarga saya pun jadi salah satu yang pernah terdampak pandemi COVID-19 mulai dari pemberhentian kerja sementara hingga keuangan yang porak-poranda. Hal tersebut terjadi akibat kurangnya literasi finansial dan wawasan tentang peluang bisnis. Untung saja perekonomian keluarga kembali bangkit setelah punya wawasan tentang keuangan keluarga, peluang bisnis digital, dan ekonomi.

Dengan demikian, literasi finansial jadi hal krusial yang harus dipahami oleh generasi milenial seperti saya, sekaligus Gen Z. Berikut beberapa poin penting langkah FORTUNE Indonesia dalam menggaet para milenial dan Gen Z agar melek pengetahuan terhadap bidang bisnis, finansial, ekonomi, perbankan, investasi, dan market research.

1. Akses Informasi dengan Sumber Kredibel dan Berkualitas

IDN Media menghadirkan FORTUNE ke Indonesia dengan target utama pebisnis profesional yang sudah punya kiprah gemilang di dunia bisnis dan ekonomi. Meskipun target utama adalah pebisnis profesional, diharapkan bisa jadi role model positif bagi generasi milenial dan Gen Z.

Winston Utomo selaku CEO IDN Media menjelaskan bahwa FORTUNE Indonesia menjamin kredibilitas informasi untuk para profesional, gen milenial, dan gen Z. Cita-cita FORTUNE Indonesia untuk memperkaya ekosistem bisnis di IDN Media membuat para publisher harus menjaga akurasi dan kualitas informasi.

2. Literasi Finansial

Generasi milenial merupakan modal utama dalam fenomena bonus demografi, yang ditandai dengan meningkatnya jumlah penduduk produktif secara signifikan. Oleh karena itu, Literasi finansial saat ini menjadi salah satu hal penting yang wajib dipahami oleh generasi milenial dan gen Z. Berdasarkan hal tersebut, FORTUNE Indonesia hadir sebagai media acuan yang bisa memberikan literasi digital yang akurat, terpercaya, dan mudah dipahami oleh generasi milenial dan gen Z.

3. FORTUNE Indonesia Summit

Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelaku bisnis serta motivasi untuk para generasi milenial dan gen Z, pada tahun 2022 ini FORTUNE Indonesia menyelenggarakan FORTUNE Indonesia Summit. Acara tersebut akan menjadi platform yang melibatkan business person paling berpengaruh di Indonesia dan multi-stakeholder.

Terdapat tiga tema besar yang diangkat dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022, yaitu impact, sustainability, dan growth. Berbagai topik penting pun juga diangkat dalam sesi talk show seperti market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Selain itu, juga ada sesi penghargaan bergengsi bagi tokoh dalam daftar Businessperson of the Year dan 40 under 40.

"Apa sih yang jadi kriteria Businessperson of the Year dan 40 Under 40 dalam FORTUNE Indonesia Summit? Siapa saja nominasinya?"


FORTUNE Indonesia Summit 2022 Tampilkan Awarding Session untuk Businessperson of the Year dan 40 under 40

Pada acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang kali pertama digelar oleh FORTUNE Indonesia, akan diadakan awarding session untuk para nominasi Businessperson of the Year tahun 2021 serta 40 Under 40. Penghargaan Businessperson of the Year diperuntukkan khusus bagi pebisnis, sedangkan 40 Under 40 diperuntukkan bagi tokoh inspiratif di bawah usia 40 tahun yang membuka jalan baru bagi masa depan Indonesia.

Fortune Indonesia Summit 2022
Sumber : instagram @fortune.idn


Businessperson of the Year

FORTUNE Indonesia telah menentukan daftar nama 20 FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021 pada bulan November 2021 lalu. Nominasi tersebut memiliki asal-usul yang beragam, mulai dari pendiri, pemilik, hingga Chief Executive Officer. Pemilihan 20 pebisnis terbaik Indonesia pada tahun ini didasarkan pada indikator tertentu seperti keuangan, kepemimpinan, GCG, dan aksi korporasi.

Indikator Penentuan Businessperson of the Year

Penentuan nominasi Businessperson of the Year yang dilakukan FORTUNE Indonesia mengacu pada metodologi yang dipakai FORTUNE Amerika Serikat. Penilaian diambil berdasarkan kinerja perusahaan tahun 2020 hingga semester pertama tahun 2021. Indikator lain yang digunakan untuk menentukan Businessperson of the Year 2021, yaitu:

  1. Kepemimpinan yang transformatif. Para pemimpin yang transformatif lebih mementingkan revitalisasi para pengikut dan organisasinya secara menyeluruh ketimbang memberikan instruksi-intruksi yang bersifat top down.
  2. Good Corporate Governance (GCG) yang efektif. Menurut Cadbury Committee (1992), Good Corporate Governance adalah teknik pengelolaan perusahaan dalam menyeimbangkan ragam kebutuhan stakeholder yang beragam. Secara singkat, GCG merupakan cara perusahaan memberikan transparansi kepada pihak pemangku kepentingan.
  3. Aksi korporasi yang adaptif. Aksi korporasi merupakan tindakan yang diambil oleh perusahaan terbuka yang memiliki dampak langsung terhadap kepemilikan saham para investor (pemegang saham).

Nominasi Businessperson of the Year

Ada 20 nama nominasi FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021. Beberapa nama memang sudah familiar bagi saya seperti William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), Nicke Widyawati (Direktur Utama PT Pertamina Persero), dan Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk). Daftar nama 17 awardee lainnya adalah sebagai berikut:

  • Garibaldi Thohir (Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk)
  • Franky Oesman Widjaja (Chairman dan CEO Golden Agri-Resources Ltd (GAR))
  • Anthoni Salim (Presiden Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk)
  • Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk)
  • Susilo Wonowidjojo (Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk)
  • Andre Sukendra Atmadja (Presiden Direktur PT Mayora Indah Tbk)
  • Haryanto Adikoesoemo (Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk)
  • Alvin W. Sariaatmadja (Presiden Direktur PT Elang Mahkota Teknologi Tbk)
  • M. Arsjad Rasjid (Direktur Utama PT Indika Energy Tbk)
  • Sunarso (Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk)
  • Ririek Adriansyah (Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom))
  • Kuncoro Wibowo (Pendiri Kawan Lama Sejahtera Group)
  • Handojo Santosa (Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk)
  • Budiarto Halim (Presiden Direktur PT Erajaya Tbk)
  • Silmy Karim (Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk)
  • Frans Kesuma (Presiden Direktur PT United Tractors Tbk)
  • Tjiu Thomas Effendy (Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk)
Sumber: instagram @fortune.idn


40 Under 40

40 under 40 merupakan daftar 40 tokoh Indonesia berusia di bawah 40 tahun yang dianggap menjadi agen perubahan. Ada 5 kategori FORTUNE Indonesia 40 under 40 yaitu business, entertainment, government & public policy, social, dan sports.

Kriteria 40 Under 40

Kriteria penentuan 40 under 40 didasarkan pada kemampuan untuk melakukan terobosan, kebermanfaatan bagi sesama, dan sosok inspiratif bagi sekitar dalam dua tahun terakhir.

Nominasi 40 Under 40

FORTUNE Indonesia mengelompokkan daftar nama 40 under 40 ke beberapa kategori seperti business, ada Achmad Zaky (35) sebagai co-founder Bukapalak. Zaky bersama kedua temannya telah berhasil membuat marketplace Bukalapak melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dari dunia entertainment muncul dua nama yang menurut saya sudah sangat terkenal, yaitu Raffi Ahmad (35) dan Reza Rahadian (34). Di bidang olahraga, pebulu tangkis ganda putri, Greysia Polii (34) dan Apriyani Rahayu (23) masuk ke dalam daftar 40 under 40.

Sejumlah nama lain yang sangat familiar di media sosial seperti Adamas Belva Syah Devara (31) dan Putri Indahsari Tanjung (25) masuk ke dalam daftar 40 under 40. Bahkan nama Wakil Gubernur Jatim (Emil Dardak), hingga Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Teknologi (Nadiem Anwar Makarim) turut masuk ke dalam 40 under 40. Daftar nama awardee lainnya bisa dilihat di 40 under 40.


Cara Mengikuti FORTUNE Indonesia Summit 2022

Ternyata event FORTUNE Indonesia Summit 2022 juga bisa diikuti oleh umum. Ada 3 cara mudah untuk mendapatkan tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang sudah disiapkan oleh panitia, yaitu via Tokopedia langsung, via laman FORTUNE Indonesia, dan scan barcode via instagram FORTUNE Indonesia.

Tokopedia

Masuk ke akun Tokopedia. Cari Official Store Fortune Indonesia. Pilih "Langganan 12 Bulan", kemudian klik "beli langsung", dan selesaikan pesanan. Tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022 akan dikirimkan panitia lewat email atau nomor ponsel yang terdaftar pada akun Tokopedia.


Laman FORTUNE Indonesia

Langsung saja masuk ke laman FORTUNE Indonesia dan klik banner FORTUNE Indonesia Summit 2022. Setelah itu, otomatis akan diarahkan pada laman Tokopedia. Langkah untuk mendapatkan tiket sama seperti sebelumnya.

Scan QR Barcode

Panitia juga menyediakan scan QR barcode untuk lebih memudahkan masuk ke laman pembelian tiket di Tokopedia. Scan QR Barcode bisa dilihat pada akun instagram FORTUNE Indonesia @fortune.idn

Sumber: instagram @fortune.idn

Kalau masih penasaran mengenai FORTUNE Indonesia Summit 2022 secara singkat, dapat mengunjungi Instagram resmi FORTUNE Indonesia atau bisa juga menghubungi via email hello@fortuneidn.com.


Referensi

Website resmi FORTUNE Indonesia

Kementerian Keuangan Indonesia. 2021. Pemulihan Perekonomian Indonesia Setelah Kontraksi Akibat Pandemi Covid-19. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-banjarmasin/baca-artikel/14769/Pemulihan-Perekonomian-Indonesia-Setelah-Kontraksi-Akibat-Pandemi-Covid-19.html , diakses 1 Mei 2022

Amelia Rosary. 2021. IDN Media Hadirkan Media Bisnis Global FORTUNE ke Indonesia, Buat Apa?. https://www.idntimes.com/business/economy/amp/amelia-rosary/idn-media-hadirkan-majalah-bisnis-global-ke-indonesia-buat-apa , diakses 2 Mei 2022


26 komentar

26 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • Sarieffe
    Sarieffe
    14 Juni 2022 pukul 14.34
    Keren ya semangat anak-anak muda under 40 dalam berkarya. Jadi bisa dapat insight yang bagus soal bisnis dan finansial
    Reply
  • www.jejakbunda.com
    www.jejakbunda.com
    11 Juni 2022 pukul 21.33
    Suka sekali dengan insight positif dari orang-orang sukses ibu. Semoga suksesnya nular
    Reply
  • Musdalifa Hamzah
    Musdalifa Hamzah
    9 Juni 2022 pukul 12.29
    Semoga next year acarax lebih seru lagii
    Reply
  • deddyhuang.com
    deddyhuang.com
    5 Juni 2022 pukul 07.59
    moga tahun depan acara FORTUNE Indonesia Summit ini masih ada yaa soalnya banyak dapat ilmu dari orang-orang sukses.
    Reply
  • Isna
    Isna
    3 Juni 2022 pukul 11.46
    banyak sekali kisah inspiratif yang menambah wawasan dan semangat untuk ikut maju. keren....
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    29 Mei 2022 pukul 16.06
    Senantiasa belajar dan memperluas wawasan tentang bisnis memang penting ya sepertinya saat ini. Dengan segala ketidakpastian di sekitar kita, belajar dari para praktisi bisnis langsung melalui event seperti Fortune Indonesia Summit akan sangat bermanfaat..
    Reply
  • tantiamelia.com
    tantiamelia.com
    27 Mei 2022 pukul 07.37
    FORTUNE Indonesia SUMMIT ini acara bergengsi - mengagumkan ya melihat sepak terjang para orang sukses ini! Jadi termotivasi deh, untuk membuat KOMITMEN - KETEKUNAN - KEDISIPLINAN DAN SETIA DI SATU JALUR SAJA
    Reply
  • Erlina
    Erlina
    26 Mei 2022 pukul 22.50
    Begitu banyak businessperson dan 40under40 yang sukses dan patut ditiru.. Mungkin mereka punya privileg, tapi mereka cukup bisa membuktikan kerja kerasnya dalam setiap bidangnya. Terima kasih atas sharingnya:)
    Reply
  • Uniek Kaswarganti
    Uniek Kaswarganti
    24 Mei 2022 pukul 23.24
    Makin banyak ya kaum muda yang unggul dalam menjalankan bisnisnya. Boleh juga nih, ada Emil Dardak dan mas menteri Nadim, sangat mewakili citra anak muda pebisnis yang kiprahnya luar biasa.
    Reply
  • Simiati257
    Simiati257
    22 Mei 2022 pukul 06.48
    Nama-nama yang tidak asing dengan karya di setiap bidangnya
    Jadi penasaran siapa pemenangnya deh
    Reply
  • LiteraVy
    LiteraVy
    19 Mei 2022 pukul 11.05
    Biasanya denger 30 under 30 dari Forbes, sekarang nambah lagi ya pengakuan dari Fortune. Semoga makin hal seperti ini menjadikan motivasi positif bagi generasi milenial gen Z
    Reply
  • Ruziana
    Ruziana
    18 Mei 2022 pukul 16.07
    wah penasaran nih siapa yang akan menjadi pemenang fortune indonesia summit 2022 ini.feeling saya untuk under 40 akan ada nama raffi ahmad nih
    Reply
  • Halamansekolah.com
    Halamansekolah.com
    18 Mei 2022 pukul 11.12
    wah ada nama Nadiem Makarim. Nominasi yang lainnya usianya pada relatif muda ya. Keren banget, jadi semangat untuk yang lainnya
    Reply
  • Retno Kusumawardani
    Retno Kusumawardani
    15 Mei 2022 pukul 19.58
    Dalam 40 under 40 banyak nama nama yang familiar ya, salut untuk mereka yang sudah berhasil di usia muda..
    Reply
  • Han
    Han
    14 Mei 2022 pukul 20.57
    Aku follow akun fortune Indonesia udah dari tahun lalu dan akhirnya jadi banyak tahu soal dunia bisnis dan bahkan sampe ke saham mana saja yang potensial untuk dibeli xixi, indonesia summit ini baru ngeh akuu duh seruu ya, pengen ikutan pasti ada banyak insight dari mereka <3 kerennn
    Reply
  • Anonim
    Anonim
    14 Mei 2022 pukul 08.27
    Seru ya bacanya, sebenernya masih belum terlalu paham tapi sekilas lihat ada yang muda dan berprestasi itu keren, inspirasi
    Reply
  • ApiidaSokoomah
    ApiidaSokoomah
    14 Mei 2022 pukul 07.18
    Melihat banyak pebisnis yang layak untuk diapresiasi seharusnya memberi angin segar akan peluang usaha baru. Pun semoga kita (pebisnis pemula) bisa menjadi seperti mereka. Dulu, saya anggap Fortune itu bahasanya berat, nyatanya untuk belajar dan bertahan di dunia bisnis memang berat juga tantangannya. salah satunya kita harus up to date.
    Reply
  • Kata Nieke
    Kata Nieke
    14 Mei 2022 pukul 05.33
    Ternyata Fortune Indonesia Summit bisa diikuti oleh kalangan umum ya. Makasih informasinya.
    Reply
  • Juwita
    Juwita
    14 Mei 2022 pukul 04.34
    Wow keren banget acaranya. Sukses ya
    Reply
  • Eni Rahayu
    Eni Rahayu
    14 Mei 2022 pukul 00.55
    Keren banget sih ini acaranya selain kita jadi tau nih sama beberapa pebisnis handal kita juga jadi tau sama tokoh-tokoh inspiratif usia dibawah 40 tahun yang membuka jalan baru bagi masa depan indonesia yang perlu untuk di kenal dan diapresiasi yaa
    Reply
  • Imawati A. Wardhani
    Imawati A. Wardhani
    13 Mei 2022 pukul 22.21
    Nggak kaleng-kaleng nih kriteria jadi businessperson of the year. Kandidatnya pun oke semua di bidang masing-masing. Saya pikir Fortune hanya sekadar portal berita yang menyajikan berita-berita menarik dan unik, ternyata mengadakan acara sebesar ini juga. Keren!
    Reply
  • Auliya Nurrahman
    Auliya Nurrahman
    13 Mei 2022 pukul 21.59
    Bener banget Mbak, zaman sekarang milenial dan gen Z juga harus mulai melek finansial, agar ke depannya bisa prepare hal-hal baik terkait ini. Thank you sharingnya Mbak 💞
    Reply
  • Okti Li
    Okti Li
    13 Mei 2022 pukul 21.14
    Eh Ahmad Zacky masuk nominasi ya? Usia 35 emang udah buat terobosan ya dia. Banyak kisah inspiratif nya juga
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    13 Mei 2022 pukul 21.13
    Wah ajang yang menarik buat para pelaku bisnis ya mbak
    Bisa belajar banyak hal dari Fortune Indonesia Summit ini
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    13 Mei 2022 pukul 10.47
    Event Fortune Indonesia Summit 2022 ternyata bisa diikuti oleh umum ya. Cara mendapatkan tiketnya pun mudah. Dan nama-nama yang masuk ke daftar bussinesperson of the year dan 40 under 40 familiar sekali..Layak untuk jadi nominasi!
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    12 Mei 2022 pukul 22.32
    Wah, kita bisa tanya-tanya sekaligus mendapatkan insight dari para pebisnis handal melalui acara ini berarti ya Mbak? Pas sekali nih untuk yang sedang merintis bisnis atau startup..
    Reply