Ia5K33hce05kVEU1UP8J8DLa01dvV8DSgOffubpV
Bookmark

Inspirasi Nama Bayi Laki-laki Islami Review dari SehatQ

Muhammad Al-Fatih, siapa sangka arti nama bayi laki-laki yang aku ambil dari tokoh penakluk Konstantinopel tersebut benar-benar jadi sifat yang melekat pada anakku. Al- Fatih yang bisa memiliki arti "Pembuka" aku sematkan agar si bayi laki-laki bisa jadi pembuka jalan bagi setiap masalah yang sedang dihadapinya atau masalah di sekitarnya. Arti tersebut jadi doa yang terkabul pada sifat si kecil yang selalu banyak akal saat dihadapkan masalah kecil (problem solving).

Review SehatQ

Banyak yang beranggapan bahwa nama adalah doa. Oleh karena itu, sangat penting untuk memberikan nama dengan arti baik dengan harapan agar si kecil tumbuh dengan nasib baik seperti arti namanya. Berdasarkan pengalamanku, ternyata susah juga meramu nama untuk si kecil. Banyak pertimbangan dari segi arti nama bayi laki-laki dan doa apa yang ingin disematkan pada si kecil. Nah, aku ingin berbagi tips serta review nama bayi laki-laki modern yang bermakna bagus dari web SehatQ.


Langkah Memilih Nama Bayi Laki-laki

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merangkai nama bayi laki-laki. Jangan sampai salah menafsirkan arti nama atau memberikan nama yang tidak pas terkait jenis kelamin. Berikut langkah untuk memilih nama bayi laki-laki berdasarkan pengalamanku.

1. Memberikan Nama yang Baik

Nama adalah kado terbaik berupa doa dan harapan dari kita kepada anak. Pemberian nama yang baik bisa jadi sugesti alam bawah sadar agar si anak tumbuh jadi laki-laki yang baik sesuai namanya. Maka, perhatikan arti dari nama-nama yang mungkin didapat dari usul orang lain, internet, atau buku.

2. Hindari Nama-nama Ini

Ada beberapa nama dengan arti yang kurang baik serta tidak disenangi Allah SWT untuk disematkan pada si kecil. Usahakan hindari nama-nama berikut ini:

  • Balqis : ketua jin
  • Harb : perang
  • Qistina/Kistina : penghulu jin
  • Wati = bersetubuh
  • Zana : berzina
  • Zaqwan/Zaquan : anak jin

3. Memberikan Nama Nabi, Rasul, atau Asmaul Husna

Contoh nama yang paling baik digunakan adalah penggunaan nama sifat Allah SWT atau asmaul husna, serta nama nabi atau rasul. Namun, penggunaan nama bayi laki-laki dari dari Asmaul Husna tidak diperbolehkan jika sifat itu hanya milik Allah SWT seperti: Al-Khalik (Maha Pencipta), Ar-Raziq (Maha Permberi Rizeki), Ar-Rabb (Maha Pemelihara), Ar-Rahman (Maha Pengasih), dan lain-lain yang serupa denganNya.

Nama nabi atau rasul justru boleh digunakan dengan harapan si kecil akan mengikuti jejak serta kepribadian baik mereka. Di Indonesia sendiri, nama nabi atau rasul yang sering digunakan untuk nama bayi laki-laki adalah Muhammad, Ibrahim, Ismail, Musa, dan lainnya.

4. Bicarakan dengan Pasangan

Jangan lupa bicarakan dengan pasangan segala hal terkait pemberian nama bayi laki-laki atau perempuan. Keputusan memilih sepenuhnya ada pada pilihan kita dan suami. Orang lain boleh memberikan usul, tapi tidak untuk memaksakan nama usulan mereka harus digunakan.

Review

Review Nama Bayi Laki-laki di SehatQ

Banyak sekali inspirasi nama bayi laki-laki yang ada di internet, salah satunya dari website SehatQ. Aku merangkum beberapa inspirasi nama bayi laki-laki  modern tersebut yang bersifat islami serta mempunyai arti bagus sebagai doa masa depan si bayi laki-laki. Nama-nama tersebut sudah aku bagi ke dalam beberapa kategori arti sebagai berikut ini.


Mendatangkan Rezeki

Behrouz. Nama modern yang diambil dari bahasa Arab ini jarang digunakan di Indonesia. Namun, artinya sangat bagus untuk mendatangkan rezeki anak di masa depan, yaitu "seseorang yang beruntung dan hidup dalam kemewahan".

Fatir. "Seseorang yang membawa kebahagiaan dalam hidup", begitulah arti nama Fatir yang bisa jadi doa baik untuk rezekinya di masa depan.

Ghani. Ingin si kecil sukses di masa depan dengan rezeki berlimpah? Nama tersebut bisa jadi pilihan untuk doa terbaik bagi si kecil.

Tamam. Salah satu nama dalam islam yang jarang digunakan, tapi artinya ternyata sangat bagus, yaitu "orang yang dermawan". Diharapkan dengan sifat dermawan ini hisa mendatangkan rezeki baik bagi dirinya maupun lingkungan sekitarnya.

Zain. "Rupawan" atau "berkah", dua doa yang bisa disematkan ke dalam nama si kecil melalui nama tersebut.


Kejujuran

Faizeen. "Kejujuran", begitulah arti nama Faizeen yang juga termasuk ke dalam nama bayi laki-laki modern.

Wafi. Nama tersebut punya arti "dapat dipercaya". Semoga dengan nama Wafi bisa membuat sang bayi laki-laki menjunjung tinggi nilai kejujuran, sehingga mudah dipercaya orang lain.


Pemimpin

Ashraf. Coba pakai nama ini jika ingin anaknya nanti jadi pemimpin yang terhormat. Nama Ashraf punya arti "yang paling terhormat".

Farhan. Pemimpin yang bijaksana adalah impian setiap pengikutnya. Farhan bisa jadi doa baik agar anak jadi pemimpin yang bijaksana.

Zaafir. "Kemenangan" adalah arti dari nama Zaafir. Jika si anak suatu saat nanti jadi pemimpin, InsyaAllah akan selalu membawa kemenangan yang baik bagi pengikutnya.


Nabi atau Tokoh Agama

Harun. Selain nama dari nabi Muhammad, Musa, atau Ibrahim yang umum digunakan di Indonesia, nama nabi Harun juga bisa digunakan. Semasa hidupnya nabi Harun dikenal pandai berbicara, sehingga diharapkan sang anak nanti juga pandai berbicara tentang kebaikan tentunya.

Omar. Nama Omar terinspirasi dari nama sahabat nabi, Umar bin Khattab. Umar dikenal sebagai sahabat nabi yang paling ditakuti setan. Jangankan bertemu, sekadar berpapasan saja, setan sudah lari pontang-panting.


Begitulah review tentang inspirasi nama bayi laki-laki yang diambil dari SehatQ. Apa pun pilihan anda, semoga bisa membantu untuk memilihkan nama bayi laki-laki agar diberkahi oleh Tuhan. Selain itu juga agar bisa jadi doa baik untuk masa depan anak.

19 komentar

19 komentar

Terimakasih sudah membaca sampai akhir :)
Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar.

Love,
Anggi
  • LiteraVy
    LiteraVy
    16 April 2022 pukul 07.39
    Masya Alloh, nama dan artinya bagus-bagus 😍
    Reply
  • Yusriah Ismail
    Yusriah Ismail
    18 Maret 2022 pukul 08.56
    zain nama yang populer buat bayi ya sekarang 😁 bagus-bagus namanya mba, modern tapi islami
    Reply
  • Antung apriana
    Antung apriana
    16 Maret 2022 pukul 11.44
    kalau lagi hamil memang salah satu hal serunya adalah memilih nama buat anak kita yaa, mbak. kadang ada yang pakai bahasa asing atau malah nyari nama yang unik buat anaknya
    Reply
  • JELAJAH MIA
    JELAJAH MIA
    15 Maret 2022 pukul 23.05
    Inget zaman dulu kalau ke toko buku suka iseng lihat nama-nama bayi, kalau sekarang enak tinggal buka referensi jadi tau arti namanya
    Reply
  • Laily Fitriani
    Laily Fitriani
    15 Maret 2022 pukul 22.35
    Wow, bagus-bagus namanya Mbak. Daku suka banget padu padankan nama-nama bayi pas ada yang pesan, senang banget kalau nama yang kubuatkan dipakai. Btw, ngobrol sama pasangan soal nama anak kita penting banget tuh, kayak daku dulu, nama anak laki-laki daku yang kasih nama, dan nama anak perempuan, suamiku.
    Reply
  • atiksetyowati
    atiksetyowati
    15 Maret 2022 pukul 22.21
    Duh, namaku ada watinya. Dari lahir diberi nama itu. Nggak tau aku artinya. Kukira wati, itu artinya perempuan.
    Reply
  • Dian Restu Agustina
    Dian Restu Agustina
    15 Maret 2022 pukul 16.56
    bagus nama putranya, semoga diijabah sesuai makna namanya. Aamiin.
    Baru tahu di web SehatQ ada inspirasi nama bayi laki-laki..artinya bagus-bagus lagi.
    Reply
  • Dyah Kusuma
    Dyah Kusuma
    15 Maret 2022 pukul 14.29
    nama adalah doa, maka pemberian nama yang baik merupakan bagian dari doa orang tua
    Reply
  • KenniApril
    KenniApril
    15 Maret 2022 pukul 13.39
    Ah jadi inget fulu sebelum nikah mau kasih nama anak pertama cowok Muhammad al fatih juga. Tp kejadiannya nggak gitu anak pertamaku Azzam Al Fatih. Tp nama ini pas banget dg perangainya. Kuat banget
    Reply
  • nisaalifamenulis.blogspot.com
    nisaalifamenulis.blogspot.com
    15 Maret 2022 pukul 09.32
    inspirasi namanya bagus banget ini, insya Allah bisa jadi inspirasi kalau anak keduaku nanti laki laki insya Allah
    Reply
  • Kata Nieke
    Kata Nieke
    15 Maret 2022 pukul 09.20
    Harapan ortu memang ingin yang terbaik buat anaknya. Urusan memberi nama memang hal penting karena doa dan harapan agar anaknya menjadi apa.
    Reply
  • Dee_Arif
    Dee_Arif
    15 Maret 2022 pukul 06.09
    Wahh bagus banget inspirasi nama anak laki lakinya mbak
    Pas buat yg lagi cari referensi buat calon bayi laki-laki nya
    Reply
  • Alvianti - Memories.id
    Alvianti - Memories.id
    15 Maret 2022 pukul 00.46
    Bun saya mau kasi saran sedikit, welcome to my window of though-nya typo, mungkin bisa diedit jadi thoughts 👍
    Btw inspirasi nama-namanya bagus, saya suka, saya juga pakai salah satu nama yang ada di list buat anak pertama saya 😊
    • Alvianti - Memories.id
      ANGGITA RAMANI
      15 Maret 2022 pukul 22.21
      Wah iya typo baru sadar, makasih sarannya sudah saya aesuaikan hihi
    Reply
  • SHalikah
    SHalikah
    14 Maret 2022 pukul 17.14
    MasyaAllah, inspirasi nama-nama yang bagus sekali Mbak.. Setuju sekali bahwa nama adalah doa. Jadi sebisa mungkin selalu temukan nama terbaik untuk anak.
    Reply
  • ApiidaSokoomah
    ApiidaSokoomah
    14 Maret 2022 pukul 16.30
    Semoga nantinya anak yang kedua bisa dipakai nih. Kalau dalam keluarga saya masih memegang adat jawa, jadi saran dari ortu itu setidaknya ada nama jawanya Mbak. Bisa nih kapan-kapan dibuat artikelnya kalau nama diambil dari bahasa jawa. Ho ho.
    Reply
  • Widyaningsih
    Widyaningsih
    14 Maret 2022 pukul 12.18
    Jadi ingat jaman-jaman seru-seruan cari nama anak. Nyari-nyari nama anak cewek, yang lahir cowok lagi cowok lagi😅
    Reply
  • Nuri Rie
    Nuri Rie
    14 Maret 2022 pukul 09.29
    Alhamdulillah, anak-anakku juga kuberi nama Islam, mbaa, yg besar kukasih nama Abdufattah, yg nomor dua kukasih nama Yusuf,
    Dan benar, nama adalah doa 😭
    Reply
  • nurul
    nurul
    13 Maret 2022 pukul 17.18
    Aakk, jadi pengin punya cucu :D
    Nanti aku bakal sodorkan opsi2 nama yg bagus seperti ini ke anak dan menantuku aamiiinn
    Reply