√Jodoh Moisturizer untuk Kulit Kering - ANGGITA RAMANI | Personal Lifestyle Blog

Jodoh Moisturizer untuk Kulit Kering

11 komentar
Konten [Tampil]

Bicara soal jodoh, ternyata bukan hanya manusia yang butuh jodoh tepat. Kulit kering pun juga butuh jodoh moisturizer atau pelembab yang tepat untuk membantu menghaluskan kulit. Selain itu, moisturizer untuk kulit kering juga bisa memperbaiki lapisan kulit yang rusak akibat terkikisnya lapisan pelindung kulit.

Ceklist.id

Moisturizer untuk jenis kulit kering biasanya diformulasikan khusus untuk mencegah permasalahan kulit kering seperti kulit mudah mengelupas, mudah berjerawat, dan kusam. Saat ini sudah banyak beredar produk moisturizer untuk kulit kering di pasaran. Namun, sebagai konsumen perlu juga untuk memahami karakter kulit kering serta kandungan bahan apa saja yang diperlukan untuk kulit kering.


1. Pastikan Jenis Kulitmu adalah Kulit Kering

Dilansir dari ceklist.id, kulit bisa menjadi kering karena beberapa sebab seperti cuci muka berlebihan, tidak rutin menggunakan pelembab khusus kulit kering, eksfoliasi terlalu sering, dan lain-lain. Pemilik kulit kering biasanya punya ciri khas kulit mengelupas, kusam, kasar, dan bersisik. Akan tetapi, kulit kering dan kasar juga bisa menandakan kulit sensitif. Bisa jadi jenis kulit termasuk kulit kering dan sensitif. Nah, untuk menentukan jenis kulit secara pasti, bisa dilakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar pemilihan moisturizer beserta skincare bisa lebih tepat, layaknya jodoh yang tepat.


2. Tekstur Moisturizer

Setelah mengetahui jenis kulit, ternyata tekstur moisturizer untuk kulit kering juga harus diperhatikan agar tak menyebabkan iritasi. Berdasarkan American Academy of Dermatology (2020), kulit kering membutuhkan mosisturizer dengan tekstur krim atau tekstur mirip body butter. Kulit normal juga bisa memakai moisturizer dengan tekstur krim, sedangkan kulit berminyak lebih cocok menggunakan moisturizer dengan tekstur cair.


3. Kandungan Moisturizer yang Tepat

Moisturizer untuk kulit kering tentunya harus mengandung bahan tertentu yang bisa memperbaiki kerusakan kulit, serta memberikan kelembapan hingga ke kulit bagian dalam. Beberapa bahan yang harus ada dalam moisturizer untuk kulit kering adalah sebagai berikut:

Antioksidan

Fungsi sari antioksidan adalah sebagai penangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit. Antioksidan juga berfungsi untuk mengatasi peradangan kulit dan mencegah penuaan dini.

Emolien

Emolien biasanya diambil dari minyak tumbuhan yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Senyawa ini juga berfungsi untuk mencegah kulit kekurangan cairan.

Asam Hialuronat

Senyawa yang booming dipakai dalam berbagai skincare ini ternyata memiliki banyak fungsi baik untuk kulit. Salah satu fungsi asam hialuronat atau akrab disebut hyaluronic acid yang berkaitan dengan moisturizer adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dalam kulit kering.

Lanolin

Lanolin punya fungsi utama untuk melembabkan kulit dan mengatasi kulit kering, bersisik, bahkan gatal. Lanolin juga berfungsi untuk mengunci keseimbangan cairan dalam kulit.

Gliserin

Senyawa gliserin membuat kulit dapat menarik air dari udara, sehingga kelembapan kulit bisa terjaga. Selain itu, gliserin juga bisa mengurangi kulit yang kusam

Tabir Surya

Usahakan memilih moisturizer yang sekaligus mengandung tabir surya minimal 30 SPF. Jenis kulit kering butuh perlindungan ekstra dari sinar UV serta radikal bebas yang mampu mengikis lapisan kulit.

Tips memilih moisturizer yang cocok

4. Kandungan Moisturizer yang harus Dihindari

Selain kandungan bahan yang harus ada di dalam moisturizer, ada juga beberapa bahan yang harus dihindari agar tak menyebabkan kulit kering makin iritasi. Beberapa zat yang harus dihindari adalah sebagai berikut:

Zat Pewangi dan Pewarna

Hindari moisturizer yang mengandung jenis zat pewangi atau pewarna. Biasanya ada klaim di kemasan kalau memang moisturizer tersebut tidak mengandung zat pewangi dan pewarna.

Astringen Berbasis Alkohol

Astringen berbasis alkohol bisa menyebabkan kulit kering semakin kering. Hal ini terjadi karena kandungan alkohol bisa menarik keluar kelembapan kulit.

Retinol

Bahan ini kurang cocok digunakan untuk kulit kering karena retinol membuat kulit semakin kering.


5. Pilih Kemasan Kecil Saat Awal Mencoba

Banyaknya produk moisturizer khusus untuk kulit kering sering menyebabkan banyak orang bingung untuk memilih. Sebagai konsumen yang bijak dan untuk mendukung gerakan untuk menjaga bumi, alanngkah baiknya untuk mencoba moisturizer dalam versi kemasan kecil terlebih dahulu jika ada. Hal ini untuk mengantisipasi jika ternyata pelembab atau moisturizer tersebut tidak cocok.


Kesimpulan

Begitulah cara untuk memilih jodoh moisturizer untuk kulit kering. Selain punya karakter tekstur moisturizer tertentu yang cocok untuk kulit kering, kandungan bahan juga wajib diperhatikan agar tak makin merusak kulit. Jangan sampai mengandung bahan-bahan yang bisa memperparah kondisi kulit kering seperti adanya zat pewarna, pewangi, alkohol, dan retinol. Pemilihan kemasan untuk tahap awalan dan mencoba kecocokan juga penting agar tak membuang uang dan tak membuang produk sehingga menyebabkan masalah lingkungan.


Referensi

American Academy of Dermatology. (2020). Dermatologists’ top tips for relieving dry skin. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-basics/dry/dermatologists-tips-relieve-dry-skin . Diakses 13 Maret 2022.

Anindya Putri Lestari. (2022). Review 10 Rekomendasi Pelembab Wajah untuk Kulit Kering (Terbaru 2022). https://ceklist.id/10886/pelembab-wajah-untuk-kulit-kering/ . Diakses 13 Maret 2022.

ANGGITA RAMANI
Assalamu'alaikum, perkenalkan saya Anggita, seorang Ibu Rumah Tangga lulusan Kimia yang punya passion menulis. Saat ini saya bekerja sebagai content creator, co-founder bisnis sociopreneur Arek Suroboyo, dan penulis.

Related Posts

11 komentar

  1. Kulit Ibu Teddy juga termasuk kering Kak, pernah beliau gunakan Marina body lotion yang kurang cocok, jadi agak nggak enak di kulit.

    Ternyata setelah membaca artikel Kakak Teddy baru tahu memilih Moisturizer juga ada cara + pertimbangannya.

    Terima Kasih Kak.

    BalasHapus
  2. yeeep. memang penting banget buat paham kandungan
    sampe sekarang pun aku masih belajar kandungan skincare yang bejibun haha
    ngeri juga soalnya kalo sampe salah pake bisa berakibat buruk di kulit

    BalasHapus
  3. Bener banget kak, aku juga selalu memastikan biar ngga ada yang bahaya di dalam bahan2 yang kita gunakan untuk kulit

    BalasHapus
  4. Apakah ada contoh produk yang cocok untuk kulit kering?

    BalasHapus
  5. Berarti salah satu yang harus jeli ketika membeli moisturizer adalah melihat kemasannya, ya, melihat bahan-bahan yang sebaiknya tidak ada dalam kandungannya seperti alkohol, retinol, dan bahan pewarna sintetik

    BalasHapus
  6. kulit saya sering kering. Apa karena gak pakai sabun cair ya. Tapi memang gak suka juga sabun cair. Sepertinya saya memang butuh moisturizer, biar kulit saya lembab-lembab dikit

    BalasHapus
  7. Aku juga kulit kering nih, jadi emang cocok-cocokan juga nyari moisturizer yang pas. Nice info mbaa..

    BalasHapus
  8. Wah ternyata penting banget mengetahui kandungan yg ada di dlam moisturizer, supaya cocok dengan jenis kulit kita ya. Trima kasih utk artikelnya

    BalasHapus
  9. Wah baru tau kalau retinol sebaiknya dihindari oleh yan punya kulit kering. Aku kira bakal baik2 aja. Makasih banyak ya kak tulisannya sangat bermanfaat buat aku yang memang punya kulit yang kering banget

    BalasHapus
  10. bener banget kak perlu bnget mgnenali jenis kulit kita untuk mendapatkan moisturizer yang tepat

    BalasHapus
  11. Terima kasih informasinya kak, ternyata perlu pemilihan moisturizer yang tepat untuk kulit kering.

    BalasHapus

Posting Komentar